Jokowi Targetkan Herd Immunity COVID-19 di Jawa-Bali Terwujud Agustus!

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 05:02 WIB
Pedagang di Thamrin City, Jakarta Pusat, menerima vaksinasi COVID-19 hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turun langsung memantau proses vaksinasi para pelaku usaha perdagangan.
Foto ilustrasi: Presiden Jokowi meninjau vaksinasi. (Setpres)
Jakarta -

Presiden Jokowi targetkan herd immunity (kekebalan kelompok) terhadap virus Corona di Jawa dan Bali terwujud pada Agustus. Caranya adalah dengan menggencarkan vaksinasi.

"Jawa segera masuk ke herd immunity kita harapkan di bulan Agustus akhir, atau paling lambat pertengahan September," kata Presiden Jokowi dalam pengantar rapat terbatas evaluasi PPKM Darurat, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021).

Vaksinasi menjadi kunci. Dia menargetkan penyuntikan vaksin 2,3 juta per hari dan ditingkatkan 5 juta per hari. Tak perlu ada stok vaksin kecuali Bio Farma yang menyetok. Di luar Bio Farma, vaksin harus langsung dihabiskan begitu digulirkan. "Saya yakin 5 juta (vaksinasi per hari) itu bisa," kata Jokowi, optimis.

Jokowi menyoroti provinsi Bali dengan 81% warganya yang sudah divaksinasi. DKI Jakarta sudah mencapai 72% warga divaksinasi.

"Ini (Bali dan DKI) saya kira Agustus sudah selesai masuk ke herd immunity," kata Jokowi.

Selanjutnya, tiga provinsi yang perlu difokuskan untuk vaksinasi: