Sidak ke Ruang Tahanan, Petugas Lapas Nyomplong Sukabumi Sita Cutter-Obeng

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 02:41 WIB
Petugas Lapas Nyomplong Sukabumi usai sidak ke ruang tahanan
Petugas Lapas Nyomplong Sukabumi usai sidak ke ruang tahanan (Foto: Syahdan/detikcom)
Sukabumi -

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nyomplong, Sukabumi, Jawa Barat, menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke ruang tahanan. Sejumlah barang yang dianggap terlarang pun diamankan dari beberapa ruangan narapidana.

Sidak ke ruang tahanan dilakukan pada Minggu (18/7/2021), dini hari, dengan dipimpin langsung oleh Kalapas Nyompong Sukabumi, Christo Victor Nixon Toar. Barang-barang terlarang yang ditemukan lalu diamankan mulai pisau cutter, gunting, mesin aquarium, dan juga obeng.

"Ini merupakan upaya deteksi dini gangguan keamanan ketertiban pada lingkungan lapas, kita kan khawatirnya benda tajam ini digunakan untuk alat perkelahian atau melukai," kata Christo di lokasi.

Terlihat dalam sidak kali ini diikuti oleh jajaran petugas Lapas mulai dari KPLP, Kasi Minkamtib yang juga diikuti oleh Kasubsi Peltatib, Staf KPLP, Regu Pengamanan Alpha, Kaur Kepegawaian dan Keuangan selaku Perwira Kontrol dan CPNS.

"Sidak kami lakukan di blok kamar hunian mulai dari Blok A kamar 8 dan Blok C kamar 3. Giat kami lakukan mulai pukul 23.30 WIB dan selesai pukul 00.28 WIB. Kami pastikan meskipun mendadak dan rahasia petugas tetap mengedepankan norma kemanusiaan dan sopan santun terhadap warga binaan," ucapnya.

Christo menyebut sidak yang digelar merupakan wujud nyata dari komitmen zero halinar (Handhphone Pungli Narkoba). Seringnya upaya pencegahan melalui sidak dijelaskan Christo mampu menekan jumlah pelanggaran yang dilakukan warga binaan.

"Jumlah pelanggaran barang terlarang masuk ke kamar hunian pun kian hari kian menurun ini semua berkat kerjasama dan kerja keras kita serta kuatnya integritas kita sebagai petugas pemasyarakatan yang berkualitas, dengan ini kita harus terus meningkatkan pelayanan bagi warga binaan," ujarnya.

Seluruh barang temuan hasil penggeledahan disimpan di ruang barang bukti. Barang-barang itu berupa musik box, mesin aquarium, gunting, pisau cutter, sendok stainless, gelas kaca, obeng kecil dan kaca cermin.

"Kita kumpulkan semuanya digudang untuk disatukan dengan barang hasil razia sebelumnya dan nanti akan kita musnahkan. Kegiatan sejak malam tadi dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya meminimalisir dan mengurangi penyebaran virus COVID-19," pungkasnya.

(sya/fas)