Jelang Idul Adha, Polisi Gelar Operasi Razia Travel Gelap

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 15:07 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnama Yoga (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah kebijakan bakal diterapkan mengantisipasi mobilitas warga pada hari Idul Adha pekan depan. Polisi akan menggencarkan razia terhadap travel gelap beberapa hari ke depan.

"Dalam beberapa hari ini kita akan melaksanakan operasi travel gelap. Jadi silakan teman-teman yang hendak melakukan perjalanan mengurungkan niatnya menggunakan travel gelap," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (17/7/2021).

Selama PPKM darurat, warga yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota memang diminta memenuhi sejumlah syarat. Beberapa syarat itu mulai dari mengantongi kartu vaksin dosis pertama dan keterangan negatif Corona dari hasil swab antigen atau PCR test.

Operasi razia terhadap travel gelap ini dilakukan untuk menekan mobilitas warga selama perayaan Idul Adha. Selain itu, razia terhadap travel gelap juga dilakukan untuk memastikan syarat perjalanan selama PPKM darurat tetap terjaga.

"Kami mengimbau ini kan menjelang Idul Adha, semua jalan tol menuju Jabar, Jateng, dan Jatim ditutup dan dilaksanakan penyekatan pemeriksaan terhadap semua kendaraan," katanya.

"Hanya kendaraan yang esensial dan kritikal dan mempunyai syarat-syarat perjalanan ini yang bisa melintasi titik penyekatan untuk menjamin bahwa masyarakat yang bepergian mengikuti aturan prokes," tambah Sambodo.

Selanjutnya, pemerintah menggelar razia terhadap travel gelap: