Hari Ini, Pemerintah Akan Umumkan PPKM Darurat Diperpanjang atau Tidak

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 07:41 WIB
PPKM Darurat diberlakukan untuk membatasi pergerakan warga selama pandemi. Begini suasana di Jalan Sudirman, Jakarta, saat PPKM Darurat berlaku.
Ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat akan selesai sampai 20 Juli. Pemerintah akan mengumumkan nasib PPKM darurat hari ini.

"Masih ada beberapa hal yang dibahas dan dievaluasi. Besok (Sabtu hari ini) rencananya akan ada pengumuman yang terkait," ujar juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, kepada wartawan, Jumat (16/7/2021) malam.

Jodi mengatakan sejauh ini pemerintah masih melakukan evaluasi terkait PPKM darurat. Diperpanjang-tidaknya PPKM darurat bakal segera diumumkan.

Lebih lanjut Jodi menyebut penyaluran bansos akan dilakukan secara cepat. Pemerintah memprioritaskan meringankan beban masyarakat.

"Penyaluran secara baik dan cepat bansos sembako, bansos tunai, dan berbagai stimulus lainnya untuk meringankan beban masyarakat akan diprioritaskan," jelas Jodi.

Disebut hingga Akhir Juli

Sebelumnya, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan kebijakan PPKM darurat di Jawa-Bali akan diperpanjang hingga akhir Juli mendatang. Muhadjir mengatakan dengan adanya perpanjangan PPKM darurat ini, Jokowi menyampaikan ada beberapa risiko, di antaranya yang dia sebut yakni terkait bantuan sosial (bansos).

"Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan Bapak Presiden, (PPKM darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli. Sampai akhir Juli PPKM," kata Muhadjir saat meninjau Hotel University Club UGM yang dijadikan shelter pasien Corona, Sleman, Jumat (16/7).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: Muhadjir: Presiden Perpanjang PPKM Darurat Hingga Akhir Juli

[Gambas:Video 20detik]