Wagub DKI soal Warga Miskin Meningkat: Sehat Dulu, Nanti Kita Cari Solusi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 23:25 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Ahmad Riza Patria (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui jumlah penduduk miskin di Jakarta mengalami peningkatan selama pandemi COVID-19. Riza menyebut kondisi ini merupakan pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan.

Riza mengatakan imbas pandemi Corona mempengaruhi pendapatan warga. Namun dia mengatakan saat ini Pemprov DKI tengah memprioritaskan keselamatan warga dibanding aspek lainnya.

"Ya pasti dong, pasti (pendapatan) berkurang. Ini PR kita bersama yang penting sekarang sehat dulu, selamat dulu nanti kita carikan solusi masalah ekonomi, sosial, dan masalah lainnya," kata Riza kepada wartawan, Jumat (16/7/2021).

Di sisi lain, Riza memastikan pihaknya akan mengupayakan berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta selama PPKM darurat ini. Dari memberikan bantuan sosial tunai (BST) hingga insentif pajak.

"Iya itu salah satu cara, selama ini kan ada stimulus ekonomi. Di antaranya insentif pajak dan sebagainya," ujar Riza.

Terkait BST, Riza menyampaikan saat ini pihaknya tengah mempersiapkannya. Dia memastikan BST segera dicairkan setelah berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

"Bansos kita menunggu keputusan pemerintah pusat," jelasnya.

BPS DKI Jakarta sebelumnya mencatat jumlah penduduk miskin di Jakarta mencapai 501.920 orang per Maret 2021. Angka itu bertambah 5.100 orang dibandingkan dengan jumlah penduduk miskin pada September 2020, yakni 496.840 orang.