Menko PMK Sebut PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Respons Wagub DKI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 23:12 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Ahmad Riza Patria. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut PPKM Darurat di Jawa-Bali akan diperpanjang. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan Pemprov DKI akan melaksanakan arahan dari pemerintah pusat.

"Ya kita ikuti saja apa yang menjadi keputusan pemerintah pusat. Diperpanjang sampai akhir bulan atau sampai kapan, kita ikuti sebaik mungkin dan bertanggung jawab," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (16/7/2021).

Riza mengatakan pihaknya tak keberatan sekalipun PPKM Darurat diperpanjang penerapannya. Dia meyakini upaya ini diputuskan dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Corona di Indonesia.

"Begitu diperpanjang kita laksanakan, kita dukung berbagai kebijakan, satgas pusat COVID-19," tegasnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy sebelumnya menyebut PPKM Darurat akan diperpanjang. Muhadjir menyebut PPKM Darurat diperpanjang hingga akhir Juli mendatang.

"Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan bapak Presiden (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli. Sampai akhir Juli PPKM," kata Muhadjir saat meninjau Hotel University Club UGM yang dijadikan shelter pasien Corona, Sleman, Jumat (16/7).

Muhadjir mengatakan dengan adanya perpanjangan PPKM Darurat ini, Jokowi menyampaikan ada beberapa risiko. Di antaranya yang dia sebut yakni terkait bantuan sosial atau bansos.

"Perpanjangan ini memang banyak risiko. Termasuk bagaimana supaya seimbang, bersama-sama antara tadi itu meningkatkan disiplin warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan standar PPKM dan bantuan sosial," katanya.



Simak Video "Muhadjir: Presiden Perpanjang PPKM Darurat Hingga Akhir Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(rfs/rfs)