PPKM Darurat, KA Lokal Catat Rekor Penumpang Paling Sedikit

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 17:04 WIB
Karyawan membersihkan bagian pegangan tangan di dalam gerbong kereta rel listrik (KRL) Yogyakarta-Solo saat uji coba terbatas di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (20/1/2021). KRL jalur Yogyakarta-Solo dijadwalkan uji coba secara terbatas dengan instansi pemerintahan dan pemangku kepentingan terkait hingga 31 Januari mendatang. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta -

PPKM darurat mengurangi mobilitas warga saat pandemi COVID-19 ini. Mobilitas lewat Kereta Api (KA) Lokal berkurang jumlahnya. Bahkan rekor jumlah penumpang paling sedikit sudah tercatat.

"12 Juli menjadi rekor terendah dengan jumlah pelanggan sebanyak 5.250 pelanggan," kata VP Public Relation KAI, Joni Martinus, kepada detikcom, Jumat (16/7/2021).

KA Lokal yang dihitung adalah KA Lokal yang berada di wilayah Jawa dan Sumatera. KA Lokal ada di Medan, Padang, Bandung, Yogya-Solo, hingga Surabaya. Jumlah 5.250 penumpang pada 12 Juli menandakan terjadi penurunan 69% penumpang KA Lokal dibanding catatan sebelumnya, yakni 5 Juli sebanyak 16.914 pelanggan.

Adapun jika dibandingkan dengan rata-rata pelanggan harian KA Lokal di bulan Juni 2021 yang sebanyak 48.213 pelanggan, pelanggan KA Lokal pada 12 Juli turun hingga 89%.

"Penurunan jumlah pelanggan KA Lokal ini menunjukkan bahwa masyarakat di luar pekerja sektor esensial dan kritikal telah mematuhi aturan untuk tidak bepergian menggunakan KA Lokal di masa PPKM darurat," kata Joni Martinus.

Selanjutnya, aturan pembatasan yang diterapkan KAI: