Pemkab Deli Serdang Terapkan PPKM Darurat di 9 Kecamatan

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 10:50 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Deli Serdang -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat atau PPKM darurat. Ada sembilan kecamatan yang masuk zona PPKM darurat.

Dilihat detikcom, Jumat (15/7/2021), aturan PPKM darurat wilayah tertentu ini ditetapkan dalam Surat Edaran Bupati Deli Serdang Nomor 440/2357 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat wilayah Tertentu Tingkat Desa/Kelurahan di Kabupaten Deli Serdang. Surat edaran ini ditandatangani Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan pada Kamis (16/7).

PPKM darurat wilayah tertentu ini diambil untuk menyesuaikan PPKM darurat di Kota Medan. PPKM darurat di Deli Serdang dilaksanakan hingga 20 Juli 2021.

"Menyikapi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat di Wilayah Kota Medan sejak tanggal 12 Juli 2021 s/d 20 Juli 2021, dengan ini diminta saudara untuk melakukan hal-hal berikut. Melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Wilayah Tertentu pada tingkat Desa/Kelurahan yang berbatas dengan Kota Medan," tulis isi surat edaran tersebut.

Dalam surat edaran itu, sekolah diwajibkan melakukan sekolah secara online (daring). Selain itu diminta agar ibadah tidak dilakukan secara berjamaah di rumah ibadah.

"Tempat ibadah (masjid, musala, gereja, pura, vihara, kelenteng, serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah) tidak mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjemaah selama masa penerapan PPKM darurat dan mengoptimalkan pelaksanaan ibadah dari rumah," tulis isi surat edaran.

Untuk toko yang menjual kebutuhan sehari-hari diizinkan buka hingga pukul 20.00 WIB dengan membatasi pengunjung 50 persen. Sementara, toko obat dan apotek diizinkan buka selama 24 jam.

Dalam aturan ini, tempat hiburan malam tidak diizinkan buka. Kegiatan pesta pernikahan juga tidak diizinkan selama penerapan PPKM darurat wilayah tertentu.

Berikut sembilan kecamatan yang masuk kategori PPKM darurat wilayah tertentu:

1. Kecamatan Tanjung Morawa berlaku di seluruh Dusun/Lingkungan dalam Desa/Kelurahan.

2. Kecamatan Sunggal di seluruh Dusun dalam Desa.

3. Kecamatan Percut Sei Tuan di seluruh Dusun/Lingkungan pada Kelurahan Kenangan, Kelurahan Kenangan Baru, Desa Tembung, Desa Bandar Khalipah, Desa Bandar Klippa, Desa Medan Estate, Desa Sambirejo Timur, Desa Laut Dendang, Desa Sampali dan Desa Sentis.

4. Kecamatan Labuhan Deli di seluruh Dusun pada Desa Helvetia, Desa Manunggal dan Desa Pematang Johar.

5. Kecamatan Hamparan Perak di seluruh Dusun pada Desa Hamparan Perak, Desa Kelumpang Kebun, Desa Kelambir V Kebun dan Desa Selemak.

6. Kecamatan Pancur Batu, di seluruh Dusun pada Desa Tanjung Anom, Desa Baru, Desa Simbahe Baru, Desa Durin Janggak, Desa Perumnas Simalingkar, Desa Simalingkar A, Desa Namo Bintang dan Desa Pertampilen.

7. Kecamatan Patumbak berlaku di seluruh Dusun pada Desa Marindal I, Desa Marindal II, Desa Sigara-gara dan Desa Patumbak Kampung.

8. Kecamatan Namorambe berlaku di seluruh Dusun dalam Desa Delitua.

9. Kecamatan Delitua berlaku di Dusun VIII, Desa Kedai Durian dan Lingkungan VII, Kelurahan Deli Tua.

Tonton Video: Satgas: Keadaan Tak Baik-baik Saja, Senjata Ampuh Kita Jalankan Prokes!

[Gambas:Video 20detik]




(haf/haf)