Tak Beroperasi Saat PPKM, Sopir Angkot di Kebumen Dapat Bansos

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 21:15 WIB
Pemkab Kebumen
Foto: Rinto Heksantoro
Kebumen -

Pemerintah Kabupaten Kebumen terus berupaya meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 dengan memberikan bantuan sosial (bansos), terlebih dengan adanya PPKM darurat. Tak hanya itu, pemerintah juga meminta agar masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan 5 M.

Bansos diberikan lantaran usaha masyarakat banyak yang terpaksa harus tutup, sehingga mereka tak bekerja. Kali ini, bansos diberikan untuk para sopir angkot, kernet dan juru parkir yang ada di Kota Kebumen. Bantuan uang tunai sebesar Rp 500 ribu per orang ini diberikan langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Bank Jateng Kebumen.

"Sopir angkot, kondektur dan juru parkir tadi sudah kita beri bantuan masing-masing Rp 500 ribu. Mudah-mudahan bantuan tersebut bisa sedikit meringankan beban mereka di tengah pandemi COVID-19 ini," kata Arif usai memberikan bantuan secara simbolis, Kamis (15/7/2021)

Bantuan diberikan lantaran para sopir angkot diminta untuk tidak beroperasi setelah adanya penyekatan jalan. Pemerintah mengambil kebijakan tersebut untuk benar-benar bisa mengurangi atau menekan aktivitas warga menuju kota Kebumen.

"Kita selalu berupaya mengedepankan pendekatan humanis. Ketika mereka kita minta untuk beroperasi dan tetap di rumah, pemerintah berupaya membantu mereka dengan bantuan sosial ini. Untuk bantuan yang lain, akan diberikan secara bertahap," imbuhnya.

Arif menyebut, total bantuan diberikan untuk 246 orang yang terdiri dari 117 sopir angkot, 59 kernet dan 70 juru parkir yang ada dalam kota. "Ke depan kita juga akan memberikan penguatan ekonomi kepada 5.000 pelaku UMKM dengan pemberian bantuan uang setelah PPKM ini selesai," paparnya.

Sementara itu, mewakili sopir angkot Dalam Kota Kebumen, Jati Purnomo, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah kabupaten, khususnya Bupati yang bersedia memperhatikan masyarakat dengan memberikan bantuan uang tunai. Bantuan tersebut baginya sangat berarti.

"Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyak kepada pemerintah kepada Pak Bupati, atas perhatiannya kepada kami para sopir angkot. Sejak 11 Juli kemarin kita sudah libur tidak beroperasi dan stay di rumah. Alhamdulillah pemerintah beri bantuan. Ini tentu sangat membantu kami untuk menambah kebutuhan keluarga," ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sudah memberikan bantuan sosial untuk para pedagang kaki lima yang berada di alun-alun Kebumen, Karanganyar, Gombong, Kutowinangun, dan Prembun. Bantuan diberikan kepada 3.000 pedagang yang masing-masing mendapat Rp 750 ribu. Tak hanya memberi bantuan, Arif pun meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjalankan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Lihat juga video 'Pemerintah Salurkan 3 Jenis Bansos Selama PPKM Darurat':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)