dr Louise Protes Fotonya Dimunculkan di Tengah Kehebohan dr Lois

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 17:24 WIB
dr Loise Kartika protes fotonya ditampilkan di artikel terkait dr Lois Owien
dr Louise Kartika (Yogi/detikcom)


Menurut MoU, Pengaduan soal Pers Seharusnya Diselesaikan Dewan Pers

Pada Februari 2017, telah dibuat nota kesepahaman antara Dewan Pers dan Kapolri yang saat itu dijabat Tito Karnavian.

MoU bernomor 2/DP/MoU/II/2017 dan Nomor B/5/II/2017 itu memuat tentang Koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum Terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan. MoU ini ditandatangani kedua belah pihak, yakni pihak kesatu Yosep Adi Prasetyo selaku Ketua Dewa pers dan pihak kedua Kapolri Jenderal M Tito Karnavian.

Pada Bagian Ketiga tentang Koordinasi di Bidang Penegakan Hukum Terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan di Pasal 5 disebutkan:

(1) Pihak kesatu apabila menemukan dan/atau menerima laporan masyarakat terkait dengan adanya dugaan tindak pidana di bidang pers maka melakukan koordinasi dengan pihak kedua.
(2) Pihak kedua apabila menerima laporan masyarakat terkait adanya dugaan tindak pidana di bidang pers maka terlebih dahulu dilakukan penyelidikan dan hasilnya dikoordinasikan dengan pihak kesatu untuk menyimpulkan perbuatan tersebut adalah tindak pidana atau pelanggaran Kode Etik Jurnalistik.
(3) Jika dari hasil koordinasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) merupakan perbuatan tindak pidana, maka pihak kesatu menyerahkan kepada pihak kedua untuk ditindaklanjuti dengan proses penyelidikan dan penyidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
(4) Pihak kedua dapat meminta bantuan Ahli kepada pihak kesatu dalam proses penegakan hukum terhadap penyalahgunaan profesi wartawan, selanjutnya pihak kesatu wajib memenuhi permintaan tersebut.
(5) Pihak kedua menyampaikan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) kepada pihak kesatu sebagaimana dimaksud pada ayat (3).


(mei/fjp)