PLN Salurkan Total 11,9 Ton Oksigen ke 3 RS di Jateng & 1 RS di Yogya

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 14:25 WIB
PLN
Foto: dok. PLN
Jakarta -

PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan total 11,9 ton oksigen ke empat rumah sakit di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu, (14/7), kemarin. Bantuan tersebut diberikan untuk mendukung rumah sakit dalam penanganan COVID-19.

Keempat rumah sakit yang mendapatkan bantuan oksigen yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta sebanyak 4,5 ton, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo Semarang sebanyak 1,4 ton, RSUD Kalisari Batang sebanyak 4 ton, dan RSUD Kraton Pekalongan sebanyak 2 ton.

"Melalui bantuan ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen sebagai salah satu alat penunjang yang krusial bagi para tenaga medis yang tengah berjuang menangani pasien COVID-19 saat ini," ujar General Manager PLN UID Jateng & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra dalam keterangan tertulis, Kamis (15/7/2021).

Sementara itu, Direktur RSUD Tugurejo dr. Haryadi Ibnu Junaedi mengapresiasi bantuan oksigen yang diberikan oleh PLN.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membantu kami untuk pengisian liquid oksigen. Ini sesuatu yang sangat menguntungkan bagi kami dan bisa menyelamatkan pasien," ungkapnya.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko turut hadir saat pemberian bantuan oksigen di RSUD Tugurejo Semarang.

Senada dengan Haryadi, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kraton Pekalongan, dr. Zaki Mubarok mengungkapkan, bantuan ini akan sangat mendukung penanganan pasien COVID-19 di Kabupaten Pekalongan.

"Bantuan dari PLN ini sangat kami harapkan dan dibutuhkan oleh pasien pasien kami terutama pasien COVID-19 yang dirawat di tempat kami, RS Kraton ini satu satunya RS yang menyediakan ICU di Pekalongan," imbuhnya.

Sebelumnya, PLN telah menyerahkan bantuan kepada RSUP Dr. Kariadi berupa berupa 5 uninterruptible power supply (UPS) server 10 kVA untuk memperkuat keandalan listrik RS dan 8 AC standing portable 5 PK, serta 5 unit oksigen portable pada Selasa (13/7)

Terpenuhinya kebutuhan oksigen sangat kritikal dalam penanganan COVID-19, namun di tengah melonjaknya kasus positif membuat permintaan akan oksigen juga meningkat. Hal ini menyebabkan oksigen sulit didapatkan.

Ke depan, PLN terus berupaya mendapatkan oksigen dan distributornya agar bisa menyalurkan kembali ke beberapa rumah sakit lainnya di wilayah Jateng dan DIY. Proses penyaluran oksigen ini akan dilakukan secara bertahap melalui koordinasi dengan Dinas ESDM Jateng.

(prf/ega)