PLN Jelaskan Penyebab Listrik Padam 6 Jam yang Bikin Warga di Medan Mengeluh

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 02:49 WIB
Warga di Medan mengeluhkan listrik padam 6 jam (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Warga di Medan mengeluhkan listrik padam 6 jam (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Sejumlah warga di Kecamatan Medan Kota, Medan, mengeluhkan listrik yang padam saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. PLN pun memberikannya penjelasan terkait padamnya listrik itu.

Manager PLN UP3 Medan Hariadi Fitrianto mengatakan padamnya listrik diakibatkan hujan deras dan disertai badai yang melanda Kota Medan. Hujan itu terjadi pada tanggal 14 Juli 2021 sekitar Pukul 14.46 WIB.

"Hujan dan badai ini menyebabkan pohon tumbang dan menimpa jaringan tegangan menengah di daerah tersebut. Ditemukan terdapat 1 batang tiang patah dan kabel jaringan tegangan menengah 3 fasa putus, akibatnya sejumlah wilayah mengalami gangguan listrik," ucap Hariadi, Kamis (15/7/2021).

Hariadi mengatakan petugas dari PLN sedang bekerja memulihkan listrik yang padam. Hariadi kemudian meminta maaf atas peristiwa itu.

"Kami mohon maaf atas kejadian ini dikarenakan hujan lebat dan badai yang menyebabkan aliran listrik terputus. Kejadian ini di luar kendali kami dan PLN UP3 Medan selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Medan," tutur Hariadi.

"Selain itu kami sampaikan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada di musim pancaroba ini serta mengharapkan kerjasama masyarakat apabila menemukan pohon yang dekat dengan jaringan listrik agar segera melaporkan kepada PLN setempat untuk diantisipasi agar tidak terjadi gangguan," imbuhnya.

Sebelumnya warga yang tinggal di Jalan Tapian Nauli, Kecamatan Medan Kota, mengeluhkan listrik yang sudah padam selama 6 jam. Warga mengaku tak bisa masak hingga mengajari anak-anak belajar karena listrik padam.

"Menyusahkan betul ya. Aturannya dikasih pemberitahuan, jadi kan mati lampu kita ada persiapan. Masak nasi, anak-anak sekolah, daring sekolah, mau belajar tertunda semua," kata seorang warga, Anik, kepada wartawan, Rabu (14/7).

"Kalau nggak kita bantu anak-anak ini belajar nggak bisa, karena sekolah nggak bisa. Apalagi anak SD, mati lampu kayak mana. Kesulitan betul memang," imbuhnya.

Simak Video: Diskon Tarif Listrik Resmi Diperpanjang Hingga September 2021

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)