Luhut Sebut Lonjakan Kasus Corona Bukan di RI Saja, Bagaimana Negara Lain?

ADVERTISEMENT

Luhut Sebut Lonjakan Kasus Corona Bukan di RI Saja, Bagaimana Negara Lain?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 12:33 WIB
Makna Episenter Pandemi yang Kini Disematkan ke Indonesia
Corona di Indonesia (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut lonjakan kasus Corona di Indonesia saat ini juga menyerang negara lain. Dia membandingkan kondisi ini dengan yang terjadi di Inggris hingga Belanda.

Menurut Luhut, saat ini Indonesia tengah menghadapi musuh yang berbeda. Memang tidak mudah, namun Luhut menekankan pemerintah terus berupaya menghadapi gempuran virus Corona varian Delta itu.

"Jadi kita menghadapi musuh yang beda. Jadi musuh yang beda ini kita dengan segala resources yang ada kita ya kita hadapi. Tapi tidak mudah. Karena nanti akan saya ceritakan kepada Anda bagaimana menyangkut obat, menyangkut tempat tidur, menyangkut oksigen, menyangkut sebagainya," kata Luhut dalam siaran pers virtualnya, Kamis (15/7/2021).

Lebih lanjut, Luhut menegaskan, bukan hanya Indonesia yang mengalami lonjakan jumlah kasus COVID-19 akibat varian Delta. Sejumlah negara mengalami hal yang sama.

"Jangan lihat Indonesia saja yang kena. Itu Inggris juga kena, Belanda kena. Perdana Menteri Belanda kemarin minta maaf karena dia menyetujui lepas masker beberapa waktu yang lalu dan sekarang naik seperti ini. Hari ini juga Malaysia juga sampai hari ini semua juga Delta. Rusia juga, Indonesia, Thailand, dan berikutnya. Amerika sendiri juga terjadi kenaikan yang luar biasa," papar dia.

Lonjakan Kasus Corona di Negara Lain

Luhut menyebutkan Inggris, Belanda, Malaysia, Thailand, Rusia, hingga Amerika Serikat juga menghadapi situasi yang sama dengan Indonesia. Jika merujuk pada data yang ditampilkan worldometers secara realtime per Kamis (15/7/2021), keenam negara yang disebutkan oleh Luhut memang tampak sedang mengalami kenaikan kasus harian.

Sebagai contoh, Thailand, yang pada Januari lalu hanya mencatat rata-rata tiga ratusan kasus baru per hari, pada bulan ini mulai mencatat sembilan ribuan kasus. Namun ada juga Amerika Serikat yang pernah mencatat 300 ribuan kasus per harinya pada Januari lalu, kini mencatat 20 ribuan kasus per harinya.

Berikut ini data lengkap perbandingan kasus Corona harian Indonesia dengan negara lain:

Simak Video: Pemerintah Sudah Minta Tolong Bantuan Dunia Atasi Pandemi COVID-19

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT