LaporCovid Laporkan 547 Pasien Isoman Wafat, Legislator PKS Sentil Kemenkes

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 06:19 WIB
Ketua DPP PKS serta Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati
Kurniasih Mufidayati (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kelompok relawan pemantau perkembangan Corona, LaporCovid-19, melaporkan ada 547 orang pasien Corona yang meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri (isoman). Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati, menyentil Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait data itu.

Dia awalnya bicara soal sulitnya pasien Corona yang melakukan isolasi mandiri mendapat oksigen medis ataupun obat untuk membantu pemulihan. Mufida menilai banyak pasien Corona melakukan isolasi mandiri gara-gara sulit dapat ruangan di rumah sakit.

"Bisa dicek di lapangan betapa sulitnya pasien yang isolasi mandiri mendapatkan tabung oksigen dan obat-obatan terutama untuk golongan antivirus dan antibiotik. Belum lagi masalah kapasitas rumah sakit yang sudah penuh, termasuk sulitnya mendapatkan mobil ambulance bagi pasien yang darurat COVID-19," kata Mufida, Rabu (14/7/2021) malam.

Mufida menilai program Telemedicine dari Kemenkes belum berjalan baik sehingga pasien isolasi mandiri sulit mendapat informasi yang dibutuhkan. Ketua DPP PKS ini berharap pemerintah tidak banyak melakukan kerja simbolik dan seremonial.

"Realitas di lapangan pasien COVID untuk mendapatkan tabung gas dan obat-obatan masih sangat sulit. Rumah sakit sudah tidak menampung pasien COVID. Belum lagi program Kemenkes Telemedicine belum mampu diakses masyarakat secara luas. Ini kan masalah. Hal itu membuktikan panduan isoman dan obat-obatan bagi pasien COVID tidak terjangkau dan belum didapat," ujar Mufida.

Mufida juga menyentil Kemenkes soal pengumpulan data. Dia heran mengapa data pasien Corona wafat saat isolasi mandiri malah dipaparkan oleh relawan.

"Ini fakta lagi, data yang diungkap terkait kematian pasien COVID saat isoman, data itu tidak dihimpun Kementerian Kesehatan. Secara pribadi saya prihatin akan tingginya kasus kematian pasien COVID saat isoman. Harusnya ini jadi perhatian pemerintah juga," ucapnya.

Dia meminta pemerintah tidak membiarkan pasien Corona bergejala sedang dan berat melakukan isolasi mandiri. Dia menyarankan pembukaan lebih banyak rumah sakit darurat demi menekan angka kematian.

"Harus dicarikan solusi dibukanya rumah sakit darurat dan ruang isolasi mandiri oleh Kemenkes yang di kontrol langsung. Ini jadi solusi meminimalisir kematian pasien COVID saat isoman," tuturnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat juga Video: Pria Isoman di Ciputat Meninggal, Ini Kata Kemenkes

[Gambas:Video 20detik]