Ulah Politikus PAN: Tolak Isoman, Usul RS Pejabat, Wakil Rakyat Dapat ICU

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 12:47 WIB
Guspardi Gaus (kiri bawah), Rosaline Rumaseuw, Saleh Daulay (atas) (kolase foto oleh detikcom)
Foto: Guspardi Gaus (kiri bawah), Rosaline Rumaseuw, Saleh Daulay (atas) (kolase foto oleh detikcom)
Jakarta -

Sejumlah politikus asal PAN berulah lewat pernyataan kontroversial di tengah pandemi Corona. Ulah para politikus PAN ini pun mendapat banyak sorotan.

Aksi ini dimulai oleh Anggota DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus yang kala itu menolak isolasi mandiri usai berpergian ke luar negeri. Selanjutnya, ada pernyataan kontroversial Wasekjen DPP PAN Rosaline Rumaseuw yang meminta rumah sakit khusus untuk pejabat. Terbaru, Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay meminta agar anggota DPR mendapat prioritas ICU.

Dirangkum detikcom, Rabu (14/7/2021) berikut ini deretan ulah kontroversial para politikus PAN di tengah pandemi Corona.

1. Guspardi Gaus

Anggota DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus pernah menolak menjalani isolasi setelah pulang dari luar negeri (LN). Perilaku Guspardi ini disorot sejumlah pihak hingga berujung diadukan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) oleh kelompok masyarakat, meski pada akhirnya dikabarkan ia telah melakukan isolasi mandiri.

Perilaku Guspardi yang hadir rapat di DPR RI setelah dari luar negeri ini disentil sejumlah anggota Dewan lainnya. Awalnya Guspardi menghadiri rapat Pansus RUU Otsus Papua secara fisik yang disiarkan akun YouTube DPR RI, Kamis (1/7). Guspardi menjelaskan pada awal-awal rapat bahwa dia baru pulang dari Kyrgystan, namun enggan mengikuti isolasi.

"Saya baru datang dari Kirgistan, saya cemas juga semalam, mau diinapkan di hotel dan memang cara-cara yang dilakukan tidak baik oleh Departemen Kesehatan. Harusnya yang dikarantina itu adalah orang-orang yang tinggal di luar negeri," kata Guspardi.

"Jadi diperlakukan tidak baik, karena apa? Saya ingin hadir pada kegiatan ini, jadi mohon maaf kalau seandainya saya terlambat," sambungnya.

Anggota DPR RI Fraksi PDIP My Esti Wijayati yang turut hadir secara fisik khawatir dengan kehadiran Guspardi usai pulang dari luar negeri.

"Cuma Pak Gaus harus rapid test dulu karena dari luar negeri, saya deg-degan tadi, Pak Gaus dari luar negeri, jadi kita kalau mau deket-deket Pak Gaus agak ngeri-ngeri juga," ujar My Esti.

Usai diingatkan rekan-rekannya, Guspardi memberikan jawaban. Guspardi mengaku hadir di DPR karena rapat ini dinilainya penting.

"Terima kasih, Mbak Esti. Pimpinan, begitulah kecintaan saya terhadap tugas dan tanggung jawab, sebetulnya saya harus diisolasi dulu di hotel, tapi untung protokoler dan berbagai hal, saya ingin ikut rapat. Yang perlu saya sikapi apa yang pimpinan sampaikan, pertemuan kita hari ini sangat luar biasa terhadap keputusan-keputusan yang diambil," imbuhnya.

Simak video 'Saat Permintaan RS Khusus Pejabat Wasekjen PAN Bikin Kaget Partai':

[Gambas:Video 20detik]