Suara Ayu dari Kepri: Pak Jokowi, Kami Sangat Rindu Belajar di Sekolah

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 11:20 WIB
Jokowi Sapa Peserta Vaksinasi
Jokowi menyapa peserta vaksinasi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Siswa SMAN 1 Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri), Ayu, menyuarakan kerinduannya belajar di sekolah kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ayu mengeluhkan kondisi jaringan saat belajar online selama pandemi COVID-19.

"Untuk program vaksinasi kepada pelajar ini, apakah ada kemungkinan untuk pembelajaran tatap muka karena kami sangat rindu belajar di sekolah, Pak? Karena pemahaman di sekolah lebih nangkep, kerja kelompok, kaya presentasi. Kalau secara online, terkadang gangguan jaringan, Pak, dan ketika guru menjelaskan putus-putus, Pak," kata Ayu dalam kegiatan Presiden Menyapa Peserta Vaksinasi COVID-19 untuk Pelajar SMP dan SMA, seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/7/2021).

Jokowi pun menjawab. Sekolah tatap muka, kata Jokowi, memang sedianya digelar pada Juli ini, tapi akhirnya ditunda lantaran kasus COVID-19 terus melonjak.

"Jadi begini, ini kan kita masih pandemi, pandeminya kan belum reda, memang kan kemarin rencananya bulan Juli ini kita akan mulai belajar tatap muka. Tetapi, karena penyebaran virus ini meningkat, sehingga rencana itu kita tunda dulu," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku mendengar curhatan serupa dari siswa lain. Namun Jokowi mengingatkan semua pihak berhati-hati terhadap penyebaran COVID-19.

"Memang saya mendengar anak-anak sudah pengin kembali sekolah tatap muka lagi, pengin ketemu teman-temannya, pengin ketemu belajar kelompok, pengin ketemu guru-gurunya. Semuanya punya keinginan seperti itu, tapi kita semuanya harus hati-hati karena penyebaran COVID-19 ini masih terjadi," ujar Jokowi.

"Tidak hanya di negara kita, tapi juga di negara-negara lain di seluruh dunia sehingga ya kita ngerem dulu untuk belajar tatap muka. Nanti, kalau COVID-nya sudah mereda, kita akan membuka, memperbolehkan belajar tatap muka lagi di seluruh sekolah di Tanah Air. Yang paling penting, Ayu terus semangat belajar, jangan kendor," sambung Jokowi.

Jokowi Sapa Siswa dari Sentani

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga sempat menyapa siswa SMAN 1 Sentani, Jasmin. Jokowi bertanya jumlah siswa yang divaksinasi.

"Enam ratus siswa, Bapak," ujar Jasmin.

Jokowi kemudian bercanda dengan Jasmin soal kondisi setelah divaksinasi.

"Sakit ndak tadi disuntik?" kata Jokowi.

"Siap, Bapak, tidak," jawab Jasmin.

"Tidak? Bener?" kata Jokowi.

"Tadi ada yang bilang sakit kok," sambung Jokowi diiringi tawa dari peserta yang hadir.

"Siap, Bapak, tidak," jawab Jasmin.

Jokowi kemudian bertanya soal belajar online atau belajar tatap muka. Jasmin mengaku senang belajar tatap muka karena bisa bertemu dengan teman-teman dan guru.

"Jadi nanti, kalau belajar tatap muka sudah diperbolehkan, saya titip pada anak-anakku semuanya, agar tetap memakai masker meskipun sudah divaksin, menjaga jarak kalau bertemu dengan teman-temannya. Kemudian juga jangan dalam kerumunan yang banyak sekali karena itu akan mempermudah penyebaran virus COVID-19. Anak-anakku tetap semangat belajar, jangan kendor, baik belajar online maupun nanti belajar tatap muka kalau sudah diperbolehkan," ujar Jokowi.

Simak video 'Jokowi: Hari Ini 30 Ribu Pelajar di Indonesia Diberikan Vaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/dhn)