detik's Advocate

Saya Pensiun Tanpa Diberi Hak Sesuai UU Ciptaker, Bisakah Pidanakan Kantor?

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 08:45 WIB
Ilustrasi Pensiun
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Masalah ketenagakerjaan menjadi salah satu materi yang diubah oleh UU Cipta Kerja. Saat ini, UU tersebut dan sudah berlaku efektif. Namun bagaimana implementasinya di lapangan?

Hal itu menjadi salah satu pertanyaan yang diterima detik's Advocate dalam sepucuk surat elektronik oleh seorang pembaca detikcom. Berikut pertanyaan lengkapnya:


Halo Tim Detik's Advocate

Saya seorang wanita berusia 57 tahun dan sudah bekerja lebih dari 30 tahun di perusahaan yang bergerak di bidang IT dan Telekomunikasi di Jakarta Selatan, dan saat ini saya sudah pensiun. Namun perusahaan tempat saya bekerja tidak mau membayar pesangon saya sesuai Undang-Undang Cipta Kerja.

Perusahaan hanya mau membayar dengan mengacu pada upah pokok yang saya terima. Padahal saya membaca dari internet tentang UU Cipta Kerja, bahwa upah terdiri atas upah pokok dan tunjangan tetap. Langkah apa yang harus saya lakukan?

Selain itu, selama bekerja, saya juga tidak pernah didaftarkan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, baik Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, maupun Jaminan Pensiun.

Apakah saya bisa mempidanakan perusahaan? Langkah apa yang harus saya tempuh?

Saya juga mengetahui, perusahaan membayar pajak penghasilan karyawan tidak sesuai dengan gaji yang karyawan terima. Perusahaan membayar lebih kecil dari yang semestinya.

Apakah bisa saya melaporkan hal ini? Jika bisa, ke mana saya harus melaporkan?

Terima kasih.
EH

Lihat juga Video: Perwakilan Massa Buruh Bawa Petisi Tolak UU Cipta Kerja ke MK

[Gambas:Video 20detik]