1,4 Juta Dosis Sinopharm untuk Vaksin Gotong Royong Tiba di RI

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 12:25 WIB
Jakarta -

Indonesia kembali kedatangan vaksin COVID-19. Ada 1,4 juta dosis vaksin Sinopharm yang tiba di Indonesia pada siang ini.

Kedatangan vaksin tahap ke-22 ini disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/7/2021). Vaksin ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

"Pada hari ini kita menyaksikan bahwa sudah kita menerima kurang-lebih sekitar 1,408 juta dosis vaksin dengan mereka Sinopharm," kata Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury dalam keterangan pers.

Selain hari ini, vaksin Sinopharm akan datang dalam beberapa hari ke depan. Vaksin Sinopharm akan digunakan untuk vaksinasi gotong royong.

"Ini merupakan bagian dari kedatangan ketiga untuk vaksin Sinopharm di mana kita perkirakan dalam tiga hari mendatang juga akan datang lagi kurang-lebih sekitar totalnya dalam 3 hari ini, 4 juta dosis vaksin, yang merupakan jenis vaksin Sinopharm yang akan digunakan untuk melakukan vaksinasi untuk vaksinasi gotong royong," ujar Pahala.

Dia berharap vaksin Sinopharm dapat mempercepat vaksinasi di Indonesia. Dengan demikian, kekebalan komunal segera tercapai.

"Kita berharap vaksin Sinopharm yang didatangkan oleh Kimia Farma yang merupakan anak perusahaan Bio Farma akan digunakan untuk vaksin gotong royong di mana kita sudah memiliki kerja sama untuk mendatangkan 15 juta dosis vaksin Sinopharm tersebut. Dan vaksin gotong royong merupakan vaksin yang komplementer untuk melengkapi program vaksin pemerintah dalam rangka bagaimana kita bisa melakukan percepatan agar Indonesia bisa mencapai herd immunity dan juga bisa meringankan beban pemerintah dalam hal pelaksanaan program vaksinasi tersebut," ujar Pahala.

(knv/imk)