RI Kembali Kedatangan Vaksin, Kali Ini 10 Juta Dosis Bahan Baku Sinovac

Tim detikcom - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 12:57 WIB
Jakarta -

Indonesia kembali kedatangan vaksin COVID-19. Ada 10 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bahan baku yang tiba pada siang ini.

Kedatangan vaksin COVID-19 tahap 21 ini disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7/2021). 10.000.280 Bahan baku vaksin Sinovac tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kedatangan 10 juta dosis bahan baku vaksin sinovac ini menambah jujmlah vaksin Sinovac dalam bentuk bahan baku menjadi totalnya 115.500.280 dosis yang nanti akan diolah oleh Bio Farma dan dalam satu bulan ke depan kita akan memiliki 93 juta dosis vaksin jadi Sinovac," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Budi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan terkait kedatangan vaksin ini. Dia berharap kedatangan vaksin dapat mendukung realisasi target 2 juta vaksinasi per gari.

"Ini merupakan bagian dari upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi untuk mempercepat terbangunnya kekebalan kelompok termasuk untuk memenuhi target 2 juta vaksin per hari di bulan Agustus," ujar Budi.

Budi mengatakan percepatan vaksinasi ini menjadi upaya pemerintah dalam menangani lonjakan kasus COVID-19. Menurut Budi, pengetatan aktivitas masyarakat harus dibarengi percepatan vaksinasi.

"Pelaksanaan protokol kesehatan dan pengetatan aktvitas masyarakat melalui kebijakan PPKM darurat dan PPKM mikro serta penguatan 3 T tidak lengkap apabila aktivitas vaksinasi tidak berjalan dengan baik," ujar dia.

(knv/imk)