Sejumlah Rumah di Ambon Hancur Akibat Longsor, Ada Tertimpa Jembatan Ambruk

Muslimin Abbas - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 13:00 WIB
Wilayah terkena longsor di Ambon (Muslimin Abbas/detikcom).
Foto: Wilayah terkena longsor di Ambon (Muslimin Abbas/detikcom).
Ambon -

10 Titik di Kota Ambon, Maluku mengalami longsor akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada malam tadi. Sejumlah rumah warga hancur, bahkan ada yang tertimpa jembatan ambruk.

"Bulan Juli ini tingkat curah hujan relatif cukup tinggi di Ambon, kita punya pengalaman 2012, 2013, nah kali ini juga curah hujan cukup tinggi dan dia berdampak beberapa titik-titik yang cukup rawan. Kurang lebih ada 10 titik yang alami longsor," ujar Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat meninjau lokasi longsor, Senin (12/72020).

Hujan dengan intensitas tinggi memang mengguyur wilayah Kota Ambon pada Senin (12/7) dini hari tadi yang mengakibatkan longsor di 10 titik, dan paling banyak terjadi di wilayah Kecamatan Baguala.

"Dan saya bersyukur bahwa tidak ada korban jiwa, sekarang lagi turun untuk amati langkah-langkah apa. Pertama lapor ke BNPB, yang kedua mengambil langkah preventif kepada masyarakat," katanya.

Pemkot Ambon telah memberikan bantuan makanan cepat saji kepada warga yang rumahnya hancur akibat longsor.

"Rata-rata (rumah hancur) ada di Baguala, nanti kira berikan bantuan makanan siap saji kepada masyarakat mungkin 2 atau 3 hari," tuturnya.

Richard juga mengimbau kepada warga kota Ambon yang bermukim di lereng gunung untuk dapat mewaspadai longsor akibat curah hujan yang tinggi.

"Jadi kita perlu ikhtiar, waspada, hati-hati. Pertama, yang tinggal di jalur-jalur sungai maupun di lereng-lereng harus ikhtiar, apa lagi dia tidak memenuhi persyaratan untuk lingkungan yang mendukung, hati-hati betul," paparnya.

Sementara itu, tangan Jembatan Wai Lapu ambruk dan menimpa rumah warga akibat longsor. Kendaraan roda empat dialihkan melintas ke Lantamal IX Ambon sedangkan motor bisa melintas.

Selain di jembatan itu, longsor juga menutup sebagian Jalan Jenderal Sudirman.

Lihat juga video 'Penampakan Jalan Bebas Hambatan di Colorado Tertimbun Tanah Longsor':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)