Pemprov Maluku: Viral Istri Gubernur Murad Joget Tanpa Masker Sebelum PPKM

Muslimin Abbas - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 11:56 WIB
Ambon -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku angkat bicara terkait viral video Istri Gubernur Murad Ismail, Widya Murad tengah berjoget tanpa menggunakan masker. Video itu ditegaskan sudah lama dan kembali diviralkan.

"Video tersebut jauh sebelum diberlakukan PPKM saat ini. Itu video lama," kata Kepala Dinas Kominfo Maluku Semmy Huwae saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (12/7/2021).

Huwae mengungkapkan, Widya saat itu ikut berjoget tanpa menggunakan masker karena memenuhi permintaan warga dalam sebuah acara di kafe di Kota Ambon. Widya diminta oleh ibu-ibu untuk ikut joget bersama.

"Sangat tidak sopan kalau beliau menolak ajakan ibu-ibu lainnya untuk sekadar berjoget, apalagi ini respons sukacita," ujarnya.

Menurut Huwae, masyarakat Maluku pasti tahu sepak terjang Widya dalam kegiatan di Maluku, khususnya dalam memerangi stunting.

"Terlalu banyak yang sudah dilakukan ibu Widya, jadi masyarakat tidak mungkin bisa dibodohi dengan memviralkan ulang video lama, sebelum PPKM. Mari saling dukung untuk Maluku lebih baik," tegasnya.

Lebih lanjut, Huwae menduga ada pihak yang sengaja ingin menjatuhkan kredibilitas Widya dengan membuat video lama itu kembali viral.

"Prestasi beliau berkeliling Maluku, memerangi gizi buruk, mengupayakan peningkatan ekonomi buat perempuan dan berbagai hal lainnya yang telah dilakukan. Prestasi beliau tidak mungkin bisa dijatuhkan hanya dengan memviralkan kembali video lama ini," tandasnya.

Terkait Widya yang joget tanpa masker, Huwae menjelaskan saat lagu tersebut dibawakan sang penyanyi hadirin ada yang masih bersantap dan ada juga yang telah selesai makan.

"Yang masih makan spontan berdiri tanpa menggunakan masker, sedangkan yang telah menggunakan masker itu mereka yang telah selesai makan terlebih dulu
Ini aksi spontan," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Viral video Istri dari Gubernur Maluku Murad Ismail, Widya Murad sedang berjoget tanpa menggunakan masker. Widya meminta maaf atas beredarnya video yang menampakkan dirinya tidak mematuhi protokol kesehatan.

Dalam video berdurasi 1 menit 11 detik, tampak Widya tengah berjoget tanpa menggunakan masker di sebuah kafe di Kawasan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Dalam permintaan maafnya, Widya menyebut video itu merupakan video lama dan diambil sebelum Kota Ambon melakukan pemberlakuan pembatasan masyarakat (PPKM) mikro, namun dia tidak menyebutkan kapan aksi joget itu dilakukannya.

(nvl/idh)