Faisal Basri Kritik Vaksin Berbayar, Hotman Paris Malah Bersyukur

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 21:11 WIB
Hotman Paris bantah bangkrut
Hotman Paris (Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Ekonom Faisal Basri mengkritik keras kegiatan vaksinasi gotong royong individu alias vaksin Corona berbayar. Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea justru bersyukur dengan adanya vaksinasi berbayar.

Ucapan syukur vaksin Corona berbayar disampaikan Hotman Paris di laman Instagram resmi miliknya, Minggu (11/7/2021). Hotman Paris juga mengusulkan seluruh jenis vaksin Corona tersedia.

"Makaci Tuhan! Hotman sudah dari tahun lalu teriak-teriak agar dibuka Vaksin Mandiri! Usul agar semua jenis vaksin tersedia!" kata Hotman Paris.

Hotman Paris mencontohkan vaksinasi Corona berbayar seperti di Amerika Serikat (AS). Menurut Hotman, kasus Corona di AS turun berkat vaksin Corona berbayar.

"Dulu positip corona paling tinggi di Amerika Serikat, tapi semakin dapat diatasi setelah rakyat Amerika bebas beli vaksin di apotik dan klinik!! Makaci utk Pemerintah Indonesia," imbuhnya.

Faisal Basri sebelumnya mengkritik keras kegiatan vaksinasi gotong royong individu alias vaksin berbayar. Menurutnya, hal tersebut merupakan tindakan biadab karena membiarkan BUMN berbisnis.

"Rakyat disuruh gotong royong, untuk mempercepat herd immunity, BUMN dibiarkan berbisnis, ini kan biadab. Apa lagi kata paling pantas untuk itu," katanya kepada detikcom, Minggu (11/7).

Dia pun menuturkan, pasokan vaksin saat ini sangat terbatas, sementara banyak orang membutuhkan vaksin tersebut.

"Vaksin ini pasokannya terbatas. Kalau seluruh rakyat Indonesia sudah divaksin oleh pemerintah secara gratis, ada yang vaksinasi 3 kali, ya silakan barulah, barulah bisa ditangani secara bisnis," katanya.

(rfs/tor)