TNI Tembak Mati 2 Teroris Poso, Begini Sulitnya Medan Tempur yang Dilalui

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 20:54 WIB
Prajurit TNI Koopsgabssus Tembak Mati Dua Orang Kelompok Teroris MIT Poso. (Dok Puspen TNI)
Prajurit TNI Koopsgabssus Tembak Mati Dua Orang Kelompok Teroris MIT Poso. (Dok Puspen TNI)
Jakarta -

Prajurit TNI menembak mati dua orang teroris di Poso, Sulawesi Tengah. Sebelum menembak target, TNI melakukan penyergapan sarang teroris melalui medan tempur yang sulit.

Informasi ini disampaikan Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto lewat siaran pers tertulis, Minggu (11/7/2021).

Kelompok teroris di kawasan ini menyebut diri sebagai Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Dua teroris dari kelompok itu ditembak oleh tim dari Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabssus) Tricakti. Sebelum menembak dua teroris itu, TNI melakukan penyergapan di lokasi, bukan di Poso, melainkan di Pegunungan Tokasa, Desa Tanah Lanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Panglima Koopsgabssus Tricakti Mayjen TNI Richard TH Tampubolon menjelaskan operasi itu dipimpin Lettu Inf David Manurung dari Kopassus. Mereka menyusup di kamp teroris, melewati medan curam, terjal, dan hutan lebat. Penyergapan dilakukan dengan unit kecil berkekuatan 5 orang.

Tim Tricakti berhasil melacak jejak yang ditinggalkan kelompok MIT sampai pada titik aman untuk melakukan penyergapan.

"Tim Tricakti berhasil mendekati kamp kelompok teroris MIT secara senyap dan penuh kerahasiaan, bahkan seluruh anggota tim harus merayap ke sasaran sejauh 500 meter sejak pukul 22.00 Wita tadi malam sampai dengan penyergapan pukul 03.00 Wita," ungkap Mayjen TNI Richard TH Tampubolon.

Selanjutnya, merayap di cuaca gelap dan hujan: