Cerita Mantan Pasien Luruskan Stigma Seram RSDC Wisma Atlet

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 15:34 WIB
Sejumlah pasien Corona berolahraga di RSDC Wisma Atlet (dok pribadi)
Sejumlah pasien Corona berolahraga di RSDC Wisma Atlet (dok. pribadi)
Jakarta -

Herdian Landau menceritakan pengalamannya menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Corona (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Seperti pasien lain, Landau berjuang membangkitkan imun agar segera negatif Corona.

Landau mengatakan awal masuk ke RSDC Wisma Atlet sempat kepikiran tugas akhir kuliahnya. Namun media sosial (medsos) bisa mengalihkan pikiran yang mengganggunya itu.

"Karena saya masih mahasiswa, saya kepikiran tugas akhir. Jadi saya joging dan senam. Saya buka TikTok dan banyak juga nih yang bikin konten. Akhirnya ikutan bikin, jadi ramai," kata Landau dalam perbincangan, Sabtu (10/7/2021).

Dia mengatakan ada warganet yang bertanya soal stigma seram RSDC Wisma Atlet. Tapi lewat postingan yang dibuatnya, Landau meluruskan stigma tersebut.

"Pas awal saya upload konten pertama, banyak yang bertanya soal di sana kan seram. Saya jawab, situasi di Wisma Atlet tak seseram yang dipikirkan," kata dia.

Landau menjelaskan pasien di Wisma Atlet banyak mengisi waktu dengan berolahraga. Setiap pagi dan sore banyak orang yang ikut senam, berjemur, dan bermain voli hingga basket.

Selama 11 hari menjalani isolasi di RSDC Wisma Atlet, dia mengaku membuat hingga 7-8 konten di TikTok. "Ambil materi pagi, siang diedit, sore kita posting," katanya.

Postingan yang dibuatnya pun mendapat respons positif. Dia mengaku akhirnya bertemu dengan content creator lain yang sedang menjalani isolasi di RSDC Wisma Atlet.

Sejumlah pasien Corona berolahraga di RSDC Wisma Atlet (dok pribadi)Sejumlah pasien Corona berolahraga di RSDC Wisma Atlet (dok pribadi)

"Upload di TikTok, awalnya di IG Story. Lumayan bisa ningkatin imun. Saya awalnya iseng, masuk FYP (for your page) dan banyak mendoakan sembuh," katanya.

"Akhirnya di sana jadi bertemu dengan content creator dan kenalan. Kita sampai berlima. Jadi bikin grup di WA, lanjut komunikasi," tambah pria yang masih berstatus mahasiswa ini.

Landau kini telah keluar dari RSDC Wisma Atlet dan pulang ke rumah. Dia berpesan kepada masyarakat lain untuk menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Buat semua masyarakat, COVID itu ada dan nyata. Bisa menyerang siapa pun dari anak kecil, remaja, hingga orang tua. Laksanakan prokes agar tak tertular," tuturnya.

Lihat Video: Suasana Hening Cipta di RSDC Wisma Atlet untuk Korban Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/hri)