Round-Up

Masih Ada Masjid Gelar Salat Jumat di DKI Saat PPKM Darurat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 20:43 WIB
Salat Jumat di Sunter Jakut
Salat Jumat di Sunter Jakut (Foto: Tim detikcom)

Masjid di Gambir Jakpus

Tidak hanya di masjid-masjid kawasan Jakarta Utara, salat Jumat berjemaah saat PPKM Darurat juga digelar di kawasan Jakarta Pusat. DMI mengungkap ada 20 masjid di Gambir yang menggelar salat Jumat pada tadi siang.

Data ini berasal dari DMI Jakarta Pusat, Jumat (9/7/2021). Masjid-masjid yang tetap menggelar Jumatan dinyatakan menjaga protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

Ada 45 masjid yang didata oleh Koordinator Penyuluh Kecamatan Gambir. Sebanyak 25 masjid tidak menggelar salat Jumat pada tadi siang.

Berikut ini daftar 20 masjid di Gambir yang menggelar salat Jumat siang tadi, sebagaimana disampaikan DMI Jakarta Pusat:

1. Masjid Al Qorieb, Petojo Utara
2. Masjid Jami Khairil Biqo, Petojo Utara
3. Masjid Jami' Nurun 'Ala Nurin, Petojo Utara
4. Masjid Jami' An Nur, Petojo Utara
5. Masjid Jami' Al Ikrom, Petojo Utara
6. Masjid Al Huda, Duri Pulo
7. Masjid Syiar Islam, Duri Pulo
8. Masjid Dzikrullah, Duri Pulo
9. Masjid Al Ikhlas, Duri Pulo
10. Masjid Jami' Idzarulhaq, Duri Pulo
11. Masjid Nurussamanyah, Duri Pulo
12. Masjid Miftahussalam, Duri Pulo
13. Masjid At Taqwa, Cideng
14. Masjid Al Ikhsan, Cideng
15. Masjid Al Ikhwan, Cideng
16. Masjid Hablul Muttaqien, Gambir
17. Masjid Suluh Islam, Petojo Selatan
18. Masjid Jami An Nur, Petojo Selatan
19. Masjid Baiturohman, Petojo Selatan
20. Masjid Al Mukarroman, Petojo Selatan

Masjid di Depok

Masjid di Depok juga ada yang menggelar salat Jumat. Masjid yang menggelar salat Jumat ada di Jl Raya Sawangan, Pancoranmas, Depok, tepatnya di seberang pom bensin. Jemaah yang mengikuti salat Jumat tampak ramai, bahkan hampir ke jalan.

Jemaah yang mengikuti salat Jumat banyak yang memakai masker. Namun sayangnya ada satu jemaah yang terlihat tidak memakai masker, dia ada di saf yang ada di mulut gerbang masjid.

Seperti diketahui, pemerintah menerapkan PPKM darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021. Salah satu yang diatur adalah penutupan tempat ibadah.

"Tempat ibadah (masjid, musala, gereja, pura, vihara, dan kelenteng serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah) ditutup sementara," kata Koordinator PPKM Darurat yang juga Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7).

Penutupan sementara tempat ibadah juga diatur dalam huruf g di poin ketiga dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat, ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada 2 Juli 2021.


(knv/dwia)