Rapat Bareng Luhut, Ganjar Minta Ada Skenario 50 Ribu Kasus COVID Sehari

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 11:28 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berada di RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo, Kamis (1/7/2021).
Ganjar Pranowo (Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkap rapat bersama dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terkait penanganan lonjakan kasus Corona. Ganjar menyebut harus membuat skenario penanganan 50 ribu kasus dalam sehari.

"India itu 300 ribu sehari, kemarin kita rapat sama Pak Menko Marves, kita harus membuat skenario 50 ribu sehari, 50 ribu sehari, kita membuat skenario itu," kata Ganjar dalam webinar 'Strategi Komunikasi Presiden dan Kepala Daerah dalam Penanganan Pandemi COVID-19', Jumat (9/7/2021).

Ganjar membaca ada kekhawatiran dari masyarakat. Namun Ganjar mengatakan belajar dari pengalaman penanganan pandemi Corona di India.

"Maka sebenarnya ada kepanikan, ada ketakutan di tingkat masyarakat, dan kita sudah tahu kok sebenarnya setiap libur panjang pasti terjadi sesuatu, dan itu kenaikan. Apa yang terjadi di India saat itu? Kegiatan keagamaan, yang kedua kampanye pilkada," ujarnya.

Kemudian Ganjar bicara soal testing dan meningkatnya kasus Corona secara perlahan. Menurut Ganjar, integrasi data kasus Corona penting.

"Pada saat kita merangkak naik, kita mulai membaca, testing kita tidak terlalu tinggi, ngeyel-ngeyel juga banyak, ndablek-ndablek juga banyak. Gitu kan, eh data kita kadang-kadang masih berkelahi, sehingga awal-awal itu di tengah pandemi mencoba komunikasi dengan terbuka. Integritas data menurut saya penting," ucapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat juga Video: Boyolali Siapkan Tempat Isolasi Covid-19 di Lereng Gunung Merapi

[Gambas:Video 20detik]