Ganjar Soroti Kenaikan Kasus Corona Banjarnegara: Tak Bisa Bercanda Lagi!

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 18:50 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di RSI Banjarnegara, Kamis (8/7/2021).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di RSI Banjarnegara, Kamis (8/7/2021). (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut kenaikan kasus virus Corona atau COVID-19 di Banjarnegara tinggi. Ia meminta kepada Dinas Kesehatan Banjarnegara untuk mendesain rumah sakit khusus COVID-19 jika terjadi hal yang darurat.

"Kasusnya lagi tinggi dan meningkat terus, wabil khusus Banjarnegara. Dalam beberapa hari Banjarnegara ada peningkatan. Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Banjarnegara yang sudah mengeluarkan surat edaran, tinggal diikuti oleh masyarakatnya. Peningkatannya ini harus direspons secara serius program 5 M, tidak bisa bercanda lagi," ujar Ganjar saat ditemui di RSI Banjarnegara, Kamis (8/7/2021).

Ia menegaskan, dengan kondisi saat ini PPKM Darurat di Banjarnegara harus dijalankan. Termasuk tidak boleh ada kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

"PPKM Darurat harus dilakukan, kerumunan ayo lah tidak usah dulu, ibadah di rumah dulu. Untuk pasar dan yang lainnya kita atur secukupnya saja semuanya kan sudah diatur secara rinci," kata dia.

Ganjar juga meminta kepada Dinas Kesehatan Banjarnegara untuk melakukan persiapan jika terus terjadi lonjakan kasus COVID-19. Salah satunya dengan menyiapkan rumah sakit khusus COVID-19.

"Saya minta untuk Kadinkes Banjarnegara mendesain kalau terjadi situasi yang darurat, mana rumah sakit yang dijadikan khusus COVID-19," katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19, Ganjar juga meminta setiap kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk menambah tempat tidur, tenaga kesehatan maupun alat kesehatan.

"Kita harapkan setiap kabupaten/kota di Jawa Tengah tambahi tempat tidurmu. Siapkan tambahan nakes. Jadi kalau yankesnya bagus, nakesnya bagus nanti alkesnya kita siapkan bareng-bareng," jelasnya.

Simak video 'Rekor Terus! Berikut Sebaran Kasus Corona RI 8 Juli':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)