Pangdam Jaya Cek Pembangunan Jalan Rusak Selama 20 Tahun di Tangerang

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 03:31 WIB
Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji
Pandam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji (Yussa Ariska Viossa/detikcom)
Jakarta -

Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji mengecek progress program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodam Jaya ke-111 di Kampung Daraham, Desa Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang. Mulyo Aji berharap jalan sepanjang 785 meter yang dibangun oleh prajurit TNI dalam kurun waktu sebulan dapat bermanfaat dan membantu mobilitas warga di masa pandemi dan seterusnya.

"Semoga kerjasama dan sinergitas ini terus terjalin sehingga dapat secara bersama-sama dalam membantu masyarakat Kabupaten Tangerang di masa pandemi seperti ini," ucap Mulyo Aji kepada Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, dikutip detikcom dalam keterangannya, Kamis (8/7/2021).

Hadir pula Kapolda Banten Irjen Pol Rudi Heriyanto, Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono, Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun Siregar dan Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro di lokasi.

Mulyo Aji mengapresiasi Zaki yang dinilai selalu hadir mendukung program-program TNI, khususnya pembangunan jalan utama Kampung Daraham ini. Menanggapi Mulyo Aji, Zaki bersyukur salah satu kampung di wilayah administrasi Kabupaten Tangerang terpilih menjadi lokasi TMMD ke-111.

"Semoga Kegiatan TMMD ini terus dilaksanakan dalam rangka membantu Pemerintah KabupatenTangerang dan hasilnya pun sangat bermanfaat dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Jangan lupa untuk senantiasa menerapkan prokes dan membatasi mobilitas kegiatan di masyarakat," ucap Zaki.

Selain itu, Mayjen Mulyo Aji meninjau penyekatan Gerbang Tol Balaraja dan vaksinasi virus Corona (COVID-19) di Suvarna Sutera, Desa Telagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Dalam pemantauan itu, Pangdam Jaya melihat mobilitas masyarakat berkurang 50 persen selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Semoga keadaan ini bisa lebih ditingkatkan karena masih banyak warga Tangerang yang bekerja di Jakarta," katanya.

Sebelumnya diberitakan warga Kampung Daraham RT 05/ RW 03 Desa Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten, mulai bisa tersenyum. Setelah 20 tahun jalan di desanya rusak parah dan berbahaya bagi pengendara, sebentar lagi jalan itu dapat dilewati dengan aman.

Pembangunan jalan desa tersebut terwujud lewat program TMMD ke-111 TA 2021 yang dibuka pada 15 Juni lalu. Memasuki pekan keempat, jalan yang dibangun dengan lebar 4 meter dan tinggi 20 cm ini sudah mulai diuji coba warga.

"Dipilih di Kampung Daraham, Desa Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang karena akses jalan penghubung sangat rusak, tidak dapat dilalui apalagi saat hujan turun. Karena jalanan becek dan licin," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya, Kolonel Herwin Budi Saputra, dalam keterangan tertulis, Selasa (6/7).

"Berbahaya untuk dilalui dan jalan rusak sudah berlangsung 20 tahun. Sementara jalan merupakan fasilitas utama bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya," imbuh Herwin.

(aud/aik)