Round-Up

Dalih Zona Hijau Corona Saat Gubenur NTB Copot Masker Depan Warga

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 21:04 WIB
Gubernur NTB Zulkielimansyah kunjungi warga tanpa pakai masker
Foto: Tangkapan layar Instagram resmi Gubernur NTB Zulkieflimansyah
Bima -

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah tengah disorot tajam. Pasalnya, ia tak memakai masker ketika mengunjungi salah satu desa di Bima, NTB.

Sorotan publik tertuju kepada Zulkieflimansyah setelah ia mengunggah sejumlah foto di akun Instagramnya. Ada dua unggahan, yang masing-masing berisi tiga dan dua foto.

Dalam foto itu tampak Zulkieflimansyah mengenakan rompi cokelat Satgas COVID-19, tapi tanpa masker. Dalam foto-foto itu juga tak ada penerapan jaga jarak saat Zulkieflimansyah berpose dengan warga dan di momen kunjungan melihat kuda. Ada juga foto Zulkieflimansyah berbicara di hadapan warga tanpa masker.

Klarifikasi Satgas

Tim Satgas penanganan COVID-19 Provinsi NTB lantas memberikan klarifikasi. Satgas mengatakan foto yang diunggah oleh Zulkieflimansyah merupakan kegiatan kunjungan di area zona hijau COVID-19.

"Itu kan kunjungan ke Bima, karena saat itu Bima kondisinya zona hijau, jadi tidak ada masalah gubernur hadirin acara di sana," jelas anggota Humas Satgas COVID-19 Provinsi NTB, Najamuddin, saat dihubungi detikcom pada Kamis (8/7/2021).

Satgas mengaku Zulkieflimansyah tak menerapkan disiplin memakai masker saat bicara, makan, dan minum kopi. Namun Satgas menyebut Zulkieflimasyah selalu berusaha disiplin prokes.

Simak video '9 Provinsi Kasus Kematian Covid-19 Naik Signifikan':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman berikutnya.