Gubenur NTB Tak Bermasker Ketemu Warga, Satgas: Di Zona Hijau COVID-19

Faruk Nickyrawi - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 14:33 WIB
Gubernur NTB Zulkielimansyah kunjungi warga tanpa pakai masker
Gubernur NTB Zulkielimansyah kunjungi warga tanpa pakai masker (Tangkapan layar Instagram resmi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah)
Mataram -

Gubernur NTB Zulkieflimansyah disorot netizen lantaran menggunggah foto dirinya tak menerapkan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker saat menemui warga. Foto itu dia unggah di akun Instagram resminya.

Tim Satgas penanganan COVID-19 Provinsi NTB lantas memberikan klarifikasi. Satgas mengatakan foto yang diunggah oleh Zulkieflimansyah merupakan kegiatan kunjungan di area zona hijau COVID-19.

"Itu kan kunjungan ke Bima, karena saat itu Bima kondisinya zona hijau, jadi tidak ada masalah gubernur hadirin acara di sana," jelas anggota Humas Satgas COVID-19 Provinsi NTB, Najamuddin, saat dihubungi detikcom pada Kamis (8/7/2021).

Satgas mengaku Zulkieflimansyah tak menerapkan disiplin memakai masker saat bicara, makan, dan minum kopi. Namun Satgas menyebut Zulkieflimasyah selalu berusaha disiplin prokes.

Gubernur NTB Zulkielimansyah kunjungi warga tanpa pakai maskerGubernur NTB Zulkieflimansyah mengunjungi warga tanpa memakai masker. (Foto: Tangkapan layar Instagram resmi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah)

"Tapi memang pada saat bicara beliau tidak memakai masker, kalau di tempat makan dan kopi tentu beliau buka masker. Memang kita mengantisipasi, gubernur selalu berusaha patuhi prokes. Tetapi masyarakat sudah diimbau untuk prokes, tapi (masyarakat mendekat) karena masyarakat senang kampungnya dikunjungi gubernur," ujarnya.

Satgas menegaskan Zulkieflimansyah tak sengaja membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Kerumunan warga yang mendekatinya disebut sebagai spontanitas.

"Tidak ada kesengajaan gubernur membuat kerumunan, tidak ada kesengajaan gubernur melanggar prokes. Tapi semata-mata masyarakat kita spontan seperti itu," sambung Najamuddin.

Najamuddin menuturkan foto yang beredar menjadi sorotan publik tersebut ketika mengunjungi Bima dan Kabupaten Dompu. Kedua wilayah tersebut merupakan wilayah yang masuk zona aman COVID-19.

Baca berita selengkapnya di halaman berikutnya.