Tak Karantina, WNA Rusia Positif COVID-19 di Bali Malah Keliaran

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 18:35 WIB
Ilustrasi Bali (Angga Riza/detikcom)
Foto Ilustrasi Bali (Angga Riza/detikcom)
Badung -

Seorang warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Anzhelika (33) diduga berkeliaran di Bali dalam kondisi positif COVID-19. Perempuan tersebut dikabarkan terpapar COVID-19 setelah melakukan swab test polymerase chain reaction (PCR).

"Benar (ada WNA Rusia berkeliaran dalam kondisi positif COVID-19). Informasi dari teman kita Camat Kuta Utara," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Jaya Saputra, Kamis (8/7/2021).

"Disampaikan (bahwa) kemarin dia dites (swab PCR, red) katanya dia mau berangkat, setelah dites ternyata dia positif. Akhirnya dia keluyuran. Mungkin karena kesal atau gimana, keluyuran dia dari kemarin," imbuhnya.

Menurut Ngurah Jaya, tim dari Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), termasuk imigrasi, sedang mengejar perempuan tersebut ke wilayah Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung.

"Sekarang tim dari kesehatan, Satpol PP, termasuk imigrasi sedang menuju ke Canggu, sedang OTW (on the way) ke sana untuk mengkarantina dialah," jelasnya.

Menurutnya, perempuan Rusia tersebut diketahui positif COVID-19 pada Rabu (7/7/2021) kemarin. Ia melakukan swab test PCR diduga untuk kepentingan perjalanan pulang ke negaranya di Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri Universitas Udayana (RSPTN Unud).

"Dia kan kemarin mau pulang, swab dulu (dan) hasilnya positif. Mungkin dia tahu nggak bisa terbang, mungkin. Kabur dia, takutnya dia kan menyebar ke yang lain," kata Ngurah Jaya.

Saat ini, tim sudah lengkap turun mencari keberadaan warga Rusia tersebut. Setelah ia ditangkap, nantinya akan ditanya sudah pergi ke mana saja guna kepentingan tracing contact terhadap yang bersangkutan.

Selain itu, WNA tersebut bakal diminta menjalani isolasi, baik secara mandiri maupun berbayar.

"Tim lagi bergerak, semoga ketangkap. Kalau ketemu nanti dikarantina. Kita kan ada karantina berbayar, bisa dipilih," terangnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan bahwa tim sudah menemukan WNA tersebut. Ia ditemukan di wilayah Desa Canggu.

"Sudah ditangani, sudah ketemu. Sekarang sudah dibawa dan sudah menunggu ambulans untuk diangkut. Di Canggu dia nginap. Sudah ditungguin sama pecalang mau diangkut hotel karantina," jelasnya.

Suryanegara mengaku belum mengetahui alasan WNA tersebut berkeliaran dan tidak menjalani isolasi. Pihaknya baru mengetahui perihal tersebut saat diminta bantuan menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung untuk kepentingan ambulans.

"Itu yang saya tidak tahu (kenapa dia tidak melakukan karantina). Saya dimintakan tolong hubungi BPBD untuk dibawa ke hotel karantina. Sudah saya hubungi Dinas Kesehatan, (sekarang) sudah mau diangkut. Masih nunggu mobil ambulans," terangnya.

Simak video 'Rekor Terus! Berikut Sebaran Kasus Corona RI 8 Juli':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)