Luhut Yakin Corona RI Melandai Minggu Depan Asal Mobilitas Diturunkan 50%

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 17:50 WIB
Poster
Luhut Pandjaitan (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Sampai sekarang, kurva Corona di Indonesia masih menanjak. Luhut Pandjaitan yakin angka COVID-19 di Indonesia bisa melandai apabila syarat ini terpenuhi.

"Hari ini Koordinator PPKM Darurat/Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Luhut) menegaskan kembali pentingnya manajemen mobilitas masyarakat di tingkat daerah," kata Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi dalam jumpa pers virtual via YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/7/2021).

Dedy melanjutkan bahwa Luhut ingin agar mobilitas warga ditekan sampai setengahnya ketimbang saat ini. Apabila mobilitas warga berkurang, penularan virus Corona juga bakal berkurang. Hasilnya, angka COVID-19 di Indonesia bakal turun.

"Apabila dilakukan dengan serius, dengan menurunkan mobilitas sampai dengan 50%, maka kemungkinan kita akan melihat kasus melandai, menurun di pertengahan minggu depan," kata Dedy.

Sayangnya, warga masih banyak bepergian. Mobilitas belum turun hingga level setengahnya ketimbang kondisi biasa.

"Berbagai indikator dan data mobilitas penduduk belum menunjukkan penurunan sebanyak 50%, angka yang harus kita capai," ujar Dedy.

Hari ini, ada 38.391 kasus baru. Dengan demikian, total kasus COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 2.417.788 kasus. Kasus aktif pada saat ini meningkat 16.354 kasus sehingga menjadi 359.455 kasus aktif.

Selanjutnya, catatan sepekan terakhir: