Wagub DKI Sidak ke Kantor di Jaksel, Temukan 4 Karyawan Terpapar Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 17:07 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di perkantoran di kawasan Jakarta Selatan. Dia mendapati pelanggaran protokol kesehatan (prokes) COVID-19 selama PPKM darurat.

Video sidak tersebut diunggah melalui Instagram @arizapatria. Selama sidak, Riza menyebut kantor MBA Consult yang berlokasi di Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, melanggar kapasitas jumlah orang di dalam suatu ruangan.

"Total karyawan berapa?" tanya Riza kepada perwakilan kantor dalam video yang dilihat Kamis (8/7/2021).

"300 karyawan," jawabnya.

"Ini laporannya melebihi 50 persen," balas Riza.

Riza juga mendapati beberapa karyawan kantor tersebut terpapar COVID-19 dan belum melaksanakan isolasi mandiri. Atas hal tersebut kantor itu diberi sanksi penutupan selama 3x24 jam.

"Bahkan ditemukan empat karyawan di tempat kerja tersebut terpapar COVID-19 dan belum melakukan karantina selama 3x24 jam. Untuk itu, kantor tersebut kami beri sanksi penutupan selama 3x24 jam," ujarnya.

Politikus Gerindra itu tak memerinci apakah MBA Consulting ini termasuk ke dalam sektor esensial yang diperkenankan beroperasi selama PPKM darurat. Namun Riza memastikan akan memberi sanksi pencabutan izin bila perkantoran kembali mengulangi pelanggaran.

"Kami tak segan-segan memberi sanksi sampai pada pencabutan izin jika masih melakukan pelanggan," tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan memberi sanksi ke perusahaan yang melanggar ketentuan PPKM darurat. Bahkan Anies tak segan mencabut izin usaha perusahaan apabila 3 kali melanggar aturan PPKM darurat.

"Apa tindakannya? Pertama ditutup sementara. Bila berulang, maka bisa ditutup selama masa PPKM darurat. Dan bila berulang lagi, izin usahanya bisa dicabut," kata Anies kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Anies memastikan jajaran Pemprov DKI bersama Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya gencar menindak perusahaan bandel. Selain itu, Anies mengajak masyarakat untuk melapor apabila menemukan perusahaan yang melanggar PPKM darurat.

Simak juga 'Saat Pekerja Disetop Anies-Telepon Bos, Izin Kerja dari Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)