Pemkab Bulukumba Tutup Seluruh Objek Wisata Akhir Pekan Ini!

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 16:22 WIB
Objek wisata Broadwalk dan Jembatan Kaca Titik Nol di kawasan Pantai Tanjung Bira yang ditutup imbas kerumunan. (dok. Istimewa)
Objek wisata Broadwalk dan Jembatan Kaca Titik Nol di kawasan Pantai Tanjung Bira yang ditutup imbas kerumunan. (dok. Istimewa)
Bulukumba -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), menutup seluruh objek wisata di wilayahnya pada akhir pekan ini. Ada 52 objek wisata yang dikelola pemerintah maupun yang dikelola swasta yang ditutup.

Penutupan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf nomor 198-6/1223/Dispar. SE tersebut mulai berlaku pada 9-11 Juli 2021.

"Menutup seluruh objek wisata dalam wilayah Kabupaten Bulukumba, baik yang dikelola Pemerintah maupun pihak lainnya (warga setempat) selama 3 hari terhitung mulai tanggal 9 s/d 11 Juli 2021," demikian bunyi SE yang diteken Muchtar Ali Yusuf pada Selasa (6/7).

Muchtar mengatakan penutupan seluruh destinasi wisata tersebut sebagai langkah penanggulangan pandemi COVID-19. Dia mengatakan tak ingin Bulukumba seperti Bali.

"Kita tidak ingin melihat kesulitan yang dihadapi warga karena terpapar COVID seperti yang dialami oleh saudara kita di Pulau Jawa dan Bali," kata Muchtar dalam keterangannya, Kamis (8/7/2021).

"Semoga kebijakan ini semakin menyadarkan kita untuk aktif melindungi diri, keluarga dan saudara kita yang lain," imbuhnya.

Masih dalam SE tersebut, Muchtar juga mewajibkan para pelaku usaha membenahi fasilitas sarana dan prasarana tempat usaha mereka, khususnya yang menyangkut protokol kesehatan. Pembenahan itu wajib dilakukan selama penutupan destinasi wisata berlangsung.

"Melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada fasilitas usaha yang dikelola yang sering disentuh oleh pengunjung atau publik," ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.