Lukas Enembe Kembali ke Papua Malam Ini

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 14:20 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe
Gubernur Papua Lukas Enembe (Andhika Prasetia/detikcom)
Jayapura -

Gubernur Papua Lukas Enembe akan ke daerahnya malam ini setelah sempat mendapatkan perawatan intensif di Singapura. Lukas menegaskan siap kembali memimpin Papua.

"Gubernur Papua Lukas Enembe akan kembali ke Tanah Papua pada malam ini, 8 Juli 2021, setelah melakukan sejumlah protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," kata Jubir Lukas, Muhammad Rifai Darus, dalam keterangannya, Kamis (8/7/2021).

Dalam keterangannya, Lukas mengimbau seluruh masyarakat Papua yang memiliki keinginan untuk mengantar, menjemput, ataupun melihat beliau di bandara tidak melakukan kegiatan tersebut.

"Pengerahan maupun pengumpulan massa yang dilakukan oleh masyarakat secara individu ataupun kolektif tidak diperkenankan dalam masa pandemi ini," kata Rifai.

Dia meminta warga Papua menghormati peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah sekaligus melindungi diri dan keluarga dari ancaman penyebaran COVID-19.

Lukas juga memohon doa kepada masyarakat Tanah Papua dapat tiba di Papua dengan kondisi yang sehat dan selamat.

"Beliau siap memimpin kembali roda pemerintahan Provinsi Papua dan mengabdi kembali pada rakyat Papua pascapemulihan kesehatan yang telah dilewati oleh beliau," tegas Rifai.

Lukas diketahui sempat berpolemik dengan Kemendagri lantaran selama mendapatkan perawatan di Singapura, Kemendagri menunjuk Plh Gubernur Papua, melalui Dirjen Otda pada 24 Juni 2021. Salah satu alasan penunjukan itu untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan di Papua tetap berjalan. Dia menilai penunjukan Plh Gubernur Papua berindikasi maladministrasi.

Simak juga 'Saran Wakil Ketua Komisi II ke Gubernur Papua yang Ogah Diganti Plh':

[Gambas:Video 20detik]



(tfq/nvl)