Kasus Corona Melonjak, Walkot Parepare Kaji GOR Jadi Tempat Isolasi Pasien

Hasrul Nawir - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 18:53 WIB
Wali Kota Parepare Taufan Pawe (Hasrul Nawir/detikcom)
Wali Kota Parepare Taufan Pawe (Hasrul Nawir/detikcom)
Parepare -

Gedung Olahraga (GOR) di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), sedang dikaji untuk beralih fungsi menjadi tempat isolasi para pasien COVID-19 tanpa gejala. Hal tersebut tercetus setelah terjadi lonjakan jumlah kasus COVID-19 yang dinilai signifikan.

"Ide ini masih sementara saya kaji. Satu-dua hari ini saya akan turun untuk memastikan kelayakan gedung olahraga sebagai tempat sarana isolasi mandiri," kata Taufan Pawe kepada wartawan di Longue BJ Habibie, Rabu, (7/7/2021).

Data terakhir per Rabu, 7 Juli, hingga pukul 18.00 Wita, terdapat 112 kasus aktif di Parepare. Dari jumlah itu, 89 di antaranya berstatus isolasi mandiri.

"Karena saya kurang meyakini pasien yang menjalani isoman di rumahnya tidak keluyuran dan (bila keluyuran) menjadi pemicu penyebaran COVID-19," ujar Taufan.

Taufan Pawe menjelaskan rencananya GOR akan disulap sedemikian rupa agar warga yang isolasi nyaman. Dia tak ingin membuat pasien stres, yang akhirnya malah menurunkan imun si pasien.

"Saya tidak ingin warga tambah stres dan imunnya malah turun. Di GOR itu akan kita siapkan tirai-tirai dan sarana hiburan, pengobatan, dan perawatan supaya mereka nyaman dan imunnya meningkat," terang Taufan.

Taufan berharap hal itu dapat menekan angka penyebaran COVID-19. Untuk diketahui, Parepare saat ini berstatus zona merah COVID-19.

Taufan Pawe juga akan menginstruksikan Dinsos Parepare untuk memberi bantuan sosial (bansos) kepada warga yang terdampak COVID-19. "Apalagi yang menjadi tulang punggung keluarga, Dinas Sosial perhatikan. Kita siapkan bantuan," tutupnya.

Tonton video 'Rekor 34.379 Kasus Baru, Ini Peta Sebaran Covid-19 RI Per 7 Juli':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)