Jokowi Lantik Al Haris dan Abdullah Sani Jadi Gubernur-Wagub Jambi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 15:41 WIB
Presiden Joko Widodo melantik Ketua MA Muhammad Syarifuddin dan Hakim MK Manahan Sitompul di Istana Negara Jakarta. Jokowi tampak memakai masker.
Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Al Haris dan Abdullah Sani sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2021-2024. Al Haris dan Abdullah Sani merupakan pasangan calon terpilih pada Pilgub Jambi 2020.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (7/7/2021). Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut hadir di lokasi.

Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkannya lagu 'Indonesia Raya' dan pembacaan keputusan presiden.

Setelah itu, Jokowi memimpin pembacaan sumpah Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi. Rohaniwan mendampingi Al Haris dan Abdullah Sani.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Al Haris dan Abdullah Sani mengikuti Jokowi.

Setelah dilantik, Al Haris dan Abdullah Sani mendapat ucapan selamat dari Jokowi. Disusul kemudian oleh tamu yang hadir.

Al Haris menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah melantik dirinya sebagai Gubernur Jambi. Al Haris lantas mengungkap dua hal yang menjadi fokus tugasnya.

"Tentunya tugas kami yang pertama adalah bagaimana menekan angka COVID-19 di Jambi. Yang kedua tentu sekaligus kami juga akan memulihkan ekonomi Jambi tentunya yang merupakan juga tujuan nasional kita yaitu memulihkan ekonomi nasional," ujar dia.

Simak juga 'Polisi Bubarkan Kerumunan Massa Pelantikan Walkot Ahmadi Zubir':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)