Viral Antrean Panjang Ambulans di TPU Padurenan Bekasi, Begini Faktanya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 13:34 WIB
Ilustrasi pemakaman COVID
Foto Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Bekasi -

Sebuah video menunjukkan mobil ambulans antre panjang di tempat pemakaman umum (TPU) Pedurenan Bekasi. Bagaimana faktanya?

detikcom mewawancarai penggali kuburan TPU Pedurenan, Bekasi, berinisial Y (35). Dia membenarkan adanya antrean panjang itu. Menurut Y, peristiwa yang viral di media sosial itu terjadi pada Selasa (6/7).

Y mengatakan antrean terjadi karena galian untuk jenazah belum selesai. Namun, sejak pagi ambulans terus berdatangan, sehingga terjadi antrean panjang di lokasi.

"Benar di sini ada antrean ambulans. Jadi begini, galian belum selesai tapi ambulans sudah sampai di lokasi. Misal dari pagi itu total ambulans yang masuk ada 30, kan nggak mungkin semuanya bisa langsung dimakamkan saat itu juga. Jadi nunggu satu ambulans pulang, baru antrean ambulans selanjutnya bisa masuk," ujar Y saat dihubungi detikcom lewat telepon, Rabu (7/7/2021).

Y mengatakan beberapa petugas ambulans terlebih dulu beristirahat di TPU karena lelah. Selepas mengantar jenazah, petugas ambulans memarkirkan mobil di area TPU, sehingga terlihat adanya antrean.

"Karena capek biasanya mereka (sopir ambulans) minum dulu, istirahat dulu. Mobil ambulansnya diparkirkan gitu, makanya kelihatan terjadi antrean yang cukup panjang," jelasnya.

Y menuturkan kondisi terkini TPU Pedurenan Bekasi terkendali. Dia juga membantah kabar yang menyatakan TPU Pedurenan penuh. Nyatanya, kata Y, TPU Pedurenan masih bisa menampung jenazah.

"Kami belum overload. Jadi soal masalah lahan yang dibilang lahan kami overload dan tidak bisa menerima jenazah lagi, itu tidak benar. Berita hoax," kata dia.

Simak juga '1.134 Petak Makam di TPU Rorotan Sudah Terisi Jenazah Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]