Konsep Baru Polisi Antisipasi Kemacetan di Titik Penyekatan PPKM Darurat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 11:02 WIB
Jakarta -

Pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan PPKM darurat di Jakarta beberapa hari terakhir ini menimbulkan kemacetan. Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, polisi melakukan kanalisasi.

"Kami lakukan konsep baru penyekatan agar lebih tertib dan rapi dengan kanalisasi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Kanalisasi ini dilakukan dengan memisahkan kendaraan dan membaginya ke dalam beberapa jalur. Untuk tenaga kesehatan (nakes), ada jalur khusus.

"Dipisahkan (antara) motor, mobil, dan jalur khusus nakes," katanya.

Dilakukan di 4 Titik Penyekatan

Kanalisasi ini dilakukan di titik-titik penyekatan yang merupakan pintu masuk Jakarta.

"Sementara (dilakukan di) 4 titik, yakni di Kalideres, Lenteng Agung, Kalimalang, Panasonic Jl Raya Bogor," kata Sambodo.

Selain untuk mengantisipasi kemacetan, kanalisasi ini juga dilakukan agar antrean kendaraan yang akan diperiksa menjadi lebih teratur dan rapi.

Seperti diketahui, penyekatan PPKM darurat di beberapa ruas jalan Jakarta telah menimbulkan kemacetan. Kemacetan terjadi karena adanya pemeriksaan petugas di lapangan.

Petugas menyekat mobilitas pengendara di luar sektor esensial dan kritikal. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

(mea/fjp)