Tinjau TPU Rorotan, Wagub DKI: 7 Ambulans Berjejer Mengantar Jenazah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 19:20 WIB
Petugas memakamkan jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta, Minggu (4/7/2021). Jumlah kematian akibat COVID-19 per hari Minggu (4/7/2021) mencapai 555 kasus, yang menjadi rekor tertinggi sejak kasus pertama COVID-19 di Indonesia diumumkan Presiden Joko Widodo pada awal Maret 2020.  ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau kondisi terkini Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan di Jakarta Utara. Riza menyoroti ada 7 mobil ambulans berjejer mengantarkan jenazah yang dimakamkan dengan prosedur COVID-19.

"Hari ini kami melihat sekitar tujuh ambulans berjejer mengantar jenazah, ada petugas yang menulis nama-nama saudara kita di kayu nisan, terdengar suara adzan, tangisan dan wajah-wajah berbalut kesedihan," kata Riza yang disampaikan melalui instagramnya, @arizapatria, Selasa (5/7/2021).

Riza mengatakan, berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta, setidaknya 803 warga dimakamkan dengan prosedur penanganan COVID-19 dalam dua minggu terakhir. Bahkan data pemakaman dengan protap COVID-19 melonjak 10 kali lipat dibanding bulan lalu.

"Data pemakaman dengan protokol COVID-19 di DKI Jakarta (1 Mei-3 Juli 2021) jumlahnya meningkat sepuluh (10) kali lipat jika dibandingkan pada awal Mei 2021. Duka mendalam kita semua. Semoga warga yang meninggal dunia mendapatkan tempat paling mulia di sisi Tuhan YME dan para keluarga diberikan kesabaran, amin," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Riza turut mengapresiasi petugas pemakaman yang harus bekerja ekstra di kala angka kematian COVID-19 Jakarta melonjak. Dia meminta seluruh warga tetap berada di rumah dan menjalani ketentuan PPKM darurat.

"Terima kasih pada seluruh petugas pemakaman, mereka semua pahlawan kita, berkeringat deras siang dan malam karena meningkatnya jumlah pemakaman," ujarnya.

Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta, kasus aktif di Jakarta bertambah sebanyak 3.421 kasus. Secara akumulatif, total kasus aktif di Ibu Kota sebesar 94.584 kasus.

Simak video 'Pemerintah: Jumlah Kasus Corona RI 'Bisa Penuhi' Kawasan Monas':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)