Angka Corona RI Setara Kapasitas Kompleks Monas, Nyaris Samai Penduduk Yogya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 17:38 WIB
Jakarta -

Pada hari ini, jumlah kasus aktif COVID-19 di Indonesia tercatat sama dengan kapasitas kawasan Monas. Jumlah kasus aktif juga hampir menyamai jumlah penduduk Kota Yogyakarta.

"Kasus aktif yang sedang kita tangani mencapai lebih dari 324 ribu. Begitu banyaknya jumlah pasien COVID-19 saat ini, ini bisa memenuhi kapasitas kawasan Monas, Bapak-Ibu, dan sudah mendekati jumlah penduduk Kota Jogja," kata juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Jodi Mahardi, dalam siaran pers via YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Tercatat, kasus aktif hari ini mencapai 324.597 kasus. Adapun jumlah penduduk Kota Yogyakarta menurut Badan Pusat Statistik (BPS) adalah 435.936 jiwa. Dengan jumlah kasus aktif sebanyak itu, Indonesia tidak sedang baik-baik saja.

"Sekali lagi, kita tidak dalam situasi normal. Hari ini saja 31 ribu lebih saudara kita baru terkonfirmasi positif COVID-19 dan 780 orang meninggal dunia dalam satu hari," kata Jodi.

Dia mengimbau masyarakat menaati PPKM darurat, program pembatasan sosial yang dipimpin oleh Menko Marves Luhut Pandjaitan. Bila harus bepergian, pastikan Anda sudah divaksinasi.

"Kondisi ini (pandemi COVID-19) harus kita hentikan bersama-sama. Patuhi peraturan PPKM, tinggal di rumah, dan apabila harus keluar, pastikan ikut program vaksinasi COVID-19," kata Jodi.

(dnu/fjp)