Ganjil-Genap di Palembang Sumsel Resmi Diberlakukan Hari Ini

Prima Syahbana - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 18:23 WIB
Ganjil-genap di Palembang, Sumsel, mulai diberlakukan sore hari ini, (5/7/2021).
Foto: Ganjil-genap di Palembang, Sumsel, mulai diberlakukan. (Prima Syahbana/detikcom)
Palembang -

Sistem lalu-lintas ganjil-genap di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), resmi diberlakukan sore hari ini. Sistem ganjil-genap di Palembang diberlakukan di empat ruas jalan.

Adapun empat ruas jalan di maksud, yakni Jalan Merdeka, Jalan Pom IX, Jalan A Rivai dan Jalan Angkatan 45. Ganjil-genap di Palembang berlaku mulai pukul 16.00-22.00 WIB pada Senin-Sabtu.

Pantauan detikcom di Simpang 5 DPRD Sumsel, tepatnya Jalan Pom IX, Senin (5/7/2021) pukul 16.00 WIB, aparat gabungan polisi, TNI, Dishun dan Satpol PP sudah bersiaga. Tidak sedikit mobil pelat nomor genap di arahkan petugas.

Tapi ada salah seorang pengendara yang mengaku tidak mengetahui ganjil-genap mulai diterapkan di Palembang hari ini. Dia berharap sosialisasi penerapan ganjil-genap di Palembang lebih gencar.

"Saya belum tahu kalau hari ini sudah mulai berlaku (ganjil-genap), mungkin cuma kurang sosialisasi kali ya. Tidak ada sanksi kok, cuma disuruh putar balik saja," kata Dewi saat di temui di lokasi penerapan ganjil-genap.

Seperti diketahui, penerapan sistem lalu lintas ganjil-genap di Palembang bertujuan untuk membatasi mobilitas masyarakat. Dengan pembatasan mobilitas, diharapkan dapat menekan laju penyebaran COVID-19.

"Upaya pembatasan mobilitas juga telah dilakukan yakni dengan menyekat beberapa ruas jalan yang berpotensi memicu terjadinya kerumunan, terutama di malam hari. Kedua kawasan yang disekat saat itu adalah Kawasan Simpang Kantor DPRD Sumsel dan Kambang Iwak Palembang, Ilir Barat I, Palembang," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri kepada wartawan, Rabu (30/6).

(zak/zak)