ADVERTISEMENT

Menkes Prediksi Target Herd Immunity Tercapai di Bulan November

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 17:47 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan kekebalan komunitas atau herd immunity di Indonesia dapat tercapai targetnya pada bulan November tahun ini. Target herd immunity itu dapat tercapai 70% populasi sudah dilakukan vaksinasi 70% populasi.

Menkes Budi menjelaskan untuk mencapai target ini menjawab pertanyaan Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene soal kapan Indonesia mencapai herd immunity. Menkes Budi menjelaskan hitung-hitungan vaksinasi.

"Jadi untuk herd immunity, Bu, itu tergantung kepada jumlah vaksinnya, jadi kalau jumlah vaksinnya kita bisa mencapai 70% dari 363 juta, karena kita butuhnya 363 juta dosis suntikan, 363 kali 70 itu sekitar 260-270 juta dosis vaksin itu mungkin baru akan bisa dicapai di bulan Oktober. Jadi di bulan Oktober kita baru di jumlah available di kita sejumlah 70% dari 181,5 juta orang," kata Menkes Budi dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI, yang disiarkan YouTube DPR RI, Senin (5/7/2021).

Menkes Budi mengatakan untuk mencapai 260 juta dosis vaksin, perlu 6 kali vaksinasi dengan kondisi saat ini. Oleh sebab itu, diperkirakan herd immunity dapat tercapat targetnya pada bulan November.

"Kita biasanya membutuhkan jeda satu bulan, karena itu rolling terus jumlah penyuntikannya, jadi perkiraan kasar kita akan berhasil menyuntik 70% dari populasi itu di bulan di November, Bu, satu bulan sesudahnya," ujarnya.

Anggota Komisi IX Fraksi PDIP Abidin Fikri kemudian meminta Menkes Budi menjelaskan kembali. Menkes Budi mengatakan diperkirakan bulan November target herd immunity bisa dicapai.

"Jadi di bulan November lah, Pak Abidin, kita akan capai (herd immunity). Tapi ini masih akan sangat bergantung terhadap supply vaksinnya, Pak, karena ini setiap hari angka ini bergerak terus," ucap Menkes Budi.

"Untuk penegasan, berarti kalau memang vaksinnya masih tersedia sesuai skema Pak Menteri, bulan November kita sudah mencapai target herd immunity 0,7% target dari 181,5 juta, itu sudah 2 kali vaksin. Betul ya, Pak Menteri?" kata Abidin.

"Kira-kira, Pak, ya," imbuhnya.

Simak juga 'Vaksinasi di Bandung Dikebut, Wawalkot Harap Cepat Bentuk Herd Immunity':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT