Viral Warga Tertipu Saat Cari Tabung Oksigen, Kabareskrim Minta Korban Lapor

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 15:30 WIB
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto (Dok. Bareskrim Polri)
Jakarta -

Cerita seorang warga tertipu saat hendak membeli tabung oksigen viral di media sosial. Korban mengaku saat itu sedang panik mencari tabung oksigen di tengah kasus COVID-19 melonjak.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto pun meminta masyarakat tidak panik. Agus mengimbau masyarakat segera melapor jika menjadi korban penipuan.

"Masyarakat jangan panik sehingga dimanfaatkan oleh para spekulan, laporkan kepada kepolisian terdekat bila ada hal sebagaimana yang terjadi," ujar Agus saat dimintai konfirmasi, Senin (5/7/2021).

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono memastikan laporan warga yang tertipu pasti ditindaklanjuti oleh polisi. Rusdi juga mengimbau masyarakat melapor.

"Masyarakat yang dirugikan segera lapor ke polisi, dan akan ditindaklanjuti laporan tersebut," ucap Rusdi saat dihubungi terpisah.

Sebuah cuitan warganet di Twitter ramai di media sosial. Dinarasikan korban tertipu saat mencari tabung oksigen.

"Halo, kami baru saja kena tipu oleh orang bernama Mochammad Hamka Pratama yang mengaku dari PT Nisson Indonesia. Dia memanfaatkan kepanikan kami dalam mencari tabung oksigen. Hati-hati ya dengan penipu ini. Nomornya 082310474697. Jangan ada yang tertipu lagi seperti kami ya," tulis akun @ShaniBudi seperti dilihat Senin (5/7).

Di cuitan itu juga dilampirkan tangkapan layar percakapan antara korban dengan seseorang yang diduga sebagai penipu. Korban diminta mentransfer uang Rp 1,5 juta ke rekening BTPN atas nama Mochammad Hamka Pratama.


Selain itu, korban mengunggah foto sebuah surat klarifikasi dari perusahaan bernama PT Nisson Indonesia. Dalam surat itu, PT Nisson Indonesia menegaskan tidak memiliki karyawan bernama Mochammad Hamka Pratama.

Simak juga 'Menkes Ungkap Isu Distribusi Jadi Masalah Ketersediaan Oksigen Nasional':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/fjp)