Cerita Keluarga soal Harmoko Terpapar COVID-19 dan Riwayat Penyakitnya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 10:35 WIB
Harmoko
Harmoko (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Mantan Menteri Penerangan Harmoko meninggal dunia. Harmoko sempat dinyatakan positif COVID-19 pada akhir Juni lalu.

"Bapak Harmoko memang pada tanggal 29 Juni hari Selasa, rutin kita melakukan swab antigen. Saat itu dinyatakan positif pas antigen, besokan harinya kita lakukan PCR positif," ujar putra Harmoko, Azisoko Harmoko, di kediaman duka, Senin (5/7/2021).

Karangan Bunga Dukacita di rumah duka HarmokoKarangan Bunga Dukacita di Rumah Duka Foto: Annisa/detikcom

Azisoko menuturkan, pada Minggu (4/7) kemarin, kondisi Harmoko awalnya drop. Perawat yang bertugas di rumah beliau sempat melakukan pertolongan pertama.

Namun kondisi Harmoko masih lemah. Pihak keluarga pun akhirnya memutuskan membawa Harmoko ke RSPAD Gatot Soebroto.

"Di RSPAD kita sampai di sana jam 20.00 WIB, dicoba pertolongan oleh para medis di RSPAD. Tapi kelihatannya Allah berkehendak lain. Jadi pada jam 20.20 menit para medis di RSPAD Gatot Soebroto menyatakan bapak Harmoko meninggal dunia," kata Azisoko.

Azisoko menjelaskan, sejak 2013, Harmoko menderita penyakit progressive supranuclear palsy (PSP). Sampai saat ini, kata Azisoko, belum ada obat untuk penyakit tersebut.

"Kita usahakan selama ini dari tahun 2013 sampai sekarang berarti 8 tahun, supaya kondisi bapak tidak menurun saja. Mungkin sudah kehendak Allah, dari keluarga juga sudah ikhlas terhadap keadaan ini dan kami minta doanya dari kalangan pers, dari rakyat Indonesia juga agar Pak Harmoko bisa husnul khotimah," ujarnya.

Karangan Bunga Dukacita di rumah duka HarmokoKarangan Bunga Dukacita Foto: Annisa/detikcom

Keluarga juga meminta rakyat Indonesia mendoakan sekaligus membukakan pintu maaf bagi almarhum. "Kami atas nama keluarga juga memohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan-kesalahan dari Pak Harmoko selama ini. Mohon dibukakan pintu maaf selebar-lebarnya," pungkasnya.

Keluarga sebelumnya sudah menggelar salat gaib untuk Harmoko di rumah duka. Selain itu, tampak kiriman karangan bunga dukacita dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wapres Ma'ruf Amin, hingga Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung.

Jenazah Harmoko direncanakan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jaksel. Pemakaman akan dilakukan siang ini.

Lihat video 'Suasana Rumah Duka Mantan Menteri Penerangan Harmoko':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)