Senin Pertama Saat PPKM Darurat, Tol Dalam Kota Macet

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 07:54 WIB
Jakarta -

Kemacetan terjadi di ruas Tol Dalam Kota Jakarta pada Senin pertama di masa PPKM darurat berlaku. Kemacetan terjadi di ruas Tol Dalam Kota sekitar Km 7 dari Kuningan arah Semanggi.

"Menjelang keluar tol Semanggi, untuk dampaknya juga sama masih diberlakukan penutupan PPKM terkait pihak kepolisian, untuk saat ini menjelang lokasi saja," kata petugas call center PT Jasa Marga, Riko, saat dihubungi, Senin (5/7/2021) pukul 07.32 WIB.

Selain itu, Riko mengatakan kepadatan terjadi di Jalan Tol Kuningan Km 5. Kepadatan terjadi sepanjang 1 km.

"Menjelang keluar tol Kuningan imbas terkait PPKM keluar tol Kuningan ditutup sementara oleh pihak kepolisian dan juga banyaknya pengguna jalan yang kurang mengetahui untuk informasinya, di Kilometer 5," katanya.

"Untuk saat ini tidak cukup panjang, kurang-lebih hanya sekitar 1 kilo menjelang keluar tol aja," sambungnya.

Sementara itu, dari CCTV Live Jasamarga Km 7 yang dilihat detikcom sekitar pukul 07.30, Senin (5/7), kemacetan terjadi di ruas mengarah ke Semanggi, sedangkan arah sebaliknya terlihat sepi.

Kemacetan juga masih terlihat berdasarkan CCTV Live Jasamarga yang berada di Km 7+900 Tol Dalam Kota. Sedangkan titik lainnya tampak lancar.

Selain itu, kemacetan terpantau berdasarkan aplikasi Google Maps. Dalam Google Maps, kemacetan terjadi di sejumlah titik di Jakarta, salah satunya di Jalan Lenteng Agung Raya dekat flyover tapal kuda. Hal itu ditunjukkan dengan warna merah pada aplikasi.

Sejumlah pengguna media sosial juga menampilkan foto serta video kemacetan di daerah Salemba, Pejompongan, Kramat Jati, dan Senen menuju Jalan Gunung Sahari.

63 Titik Pembatasan Selama PPKM Darurat


PPKM darurat sendiri telah berlaku sejak Sabtu (3/7). Polda Metro Jaya menyiapkan puluhan titik pengawasan mobilitas masyarakat di sejumlah ruas jalan.

"Untuk melakukan PPKM darurat ini ada 63 titik yang kita akan kita jaga," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/7).

Ke-63 titik itu tersebar mulai dari batas kota hingga jalan tol. Selain itu, kebijakan pembatasan dan pengendalian mobilitas yang telah dilakukan sebelumnya pun masih diterapkan Polda Metro Jaya selama PPKM darurat berlangsung.

Berikut ini total 63 titik yang diawasi Polda Metro Jaya selama PPKM darurat:

28 titik Pembatasan Mobilitas di Dalam Tol, dalam Batas Kota/Provinsi dan Jalur Utama
Pembatasan Mobilitas di dalam kota :
1. Bundaran Senayan
2. Semanggi
3. Bundaran HI
4. TL Harmoni

Pembatasan Mobilitas di Dalam Tol
Arah Timur ke Barat
1. Gerbang Tol Tegal Parang
2. Gerbang Tol Polda