Cegah Pemalsuan, Bukti Vaksin-PCR Bisa Digital di Penerbangan Tertentu

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 04 Jul 2021 19:29 WIB
Jakarta -

Menkes Budi Gunadi Sadikin kini mencoba untuk memberlakukan pemeriksaan sertifikat vaksinasi dan hasil tes PCR secara digital. Aturan ini dicoba untuk penerbangan tertentu pada 5 Juli 2021 hingga 12 Juli 2021.

"Kita akan coba tanggal 5 Juli sampai 12 Juli untuk penerbangan Jakarta-Bali dan Bali-Jakarta, bahwa sertifikat vaksinasi dan juga sertifikat PCR bisa dilakukan secara digital," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya yang disiarkan channel Youtube Kemenkes, Minggu (4/7/2021).

Dia menjelaskan bahwa data tersebut akan dihubungkan dengan Angkasa Pura II. Pelaku perjalanan bisa melakukan pemeriksaan dengan menggunakan QR Code.

"Karena datanya kebetulan di Kementerian Kesehatan, data itu kita buka kemudian kita hubungkan dengan Angkasa Pura II, sehingga setiap yang check in di Angkasa Pura II bisa menunjukkan QR Code dari aplikasi PeduliLindungi atau dia bisa memasukkan NIK-nya," tuturnya.

Menkes Budi berharap kebijakan ini membuat pemeriksaan menjadi lebih efesien dan aman dari pemalsuan.

"Dengan demikian diharapkan prosesnya lebih efisien dan juga lebih cepat dan lebih aman. Terhindar dari pemalsuan," ungkapnya.