Round-Up

Doa dari Berbagai Kalangan Melepas Rachmawati Soekarnoputri

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 22:14 WIB
Putri Proklamator Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, meninggal dunia. Adik dari Megawati ini meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto.
Foto: Putri Proklamator Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, meninggal dunia (dok. detikcom)

Kepergian Rachmawati menyisakan duka di hati orang-orang yang mengenal dekat sosoknya. Mulai dari Megawati hingga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyampaikan rasa belasungkawa.


Megawati Kenang Masa Kecil Bersama Rachmawati

Megawati dan Rachmawati disebut punya banyak momen bersama, salah satunya saat belajar menari di Istana kala ayah mereka menjadi presiden pertama RI.

"Ibu Megawati Soekarnoputri sangat berduka. Ibu Rachmawati adalah adik beliau, yang tumbuh dan sama-sama besar di Istana Negara, belajar menari bersama," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan.

Dia mengatakan Megawati dan Rachmawati juga sama-sama berjuang untuk meneladani pemikiran dan perjuangan Bung Karno. Hasto mengatakan Megawati mendoakan agar almarhumah Rachmawati diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"(Megawati dan Rachmawati) juga berjuang guna meneladani keseluruhan pemikiran dan perjuangan Bung Karno, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia. Semoga husnul khotimah," ucap Hasto.

Dia mengatakan Megawati telah menghubungi putra tertua Rachmawati, yakni Rommy Soekarnoputro. Megawati dan PDIP, kata Hasto, memberikan penghormatan terbaik bagi Rachmawati Soekarnoputri.

"PDI Perjuangan mengucapkan dukacita yang mendalam. Kami mendoakan Ibu Rachmawati dan Partai memberikan penghormatan terbaik bagi almarhumah," ucapnya.

Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memasuki ruang pelantikan anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (1/10/2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.Foto: Kakak Rachmawati Soekarnoputri, Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd)

Prabowo Kehilangan Sosok Sahabat

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan ketua umumnya, Prabowo Subianto sangat berduka atas meninggalnya Rachmawati. Sosok Rachmawati memang dekat dengan Prabowo. Rachmawati merupakan Dewan Pembina Partai Gerindra.

"Ya, Pak Prabowo sangat berduka dan mendoakan almarhumah husnul khotimah, beliau berdua sangat dekat," ungkap Habiburokhman.

Rachmawati dimakamkan dengan protokol COVID-19 sehingga tidak dapat dilayat. Termasuk oleh Prabowo.

"Protokol COVID-19, nggak bisa melayat," ujar Habiburokhman.

Ia mengajak semua pihak mendoakan almarhumah Rachmawati dari rumah mengingat situasi pandemi saat ini. "Lebih baik kita kirim doa dari rumah, situasi saat ini kita nggak tahu siapa bisa menularkan siapa," ungkapnya.

Rachmawati di Mata Jokowi: Tokoh Segala Bidang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa dukacitanya. Dia menyebut Rachmawati mencatat berbagai hal baik di banyak bidang kehidupan.

"Innalilahi wa inna ilaihi rajiun. Saya dan keluarga berduka cita atas berpulangnya Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri, hari ini di Jakarta dalam usia 70 tahun," kata Jokowi lewat akun Instagram resminya.

"Almarhumah adalah tokoh yang jejak hidupnya terentang di berbagai bidang, dari dunia pendidikan, sosial, hingga politik. Semoga almarhumah mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran," tutur Jokowi.

Baca cerita kenangan SBY dengan Rachmawati di halaman berikutnya.



Simak Video "Ungkapan Dukacita atas Meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri"
[Gambas:Video 20detik]