Tiba di TPU Karet Bivak, Jenazah Rachmawati Dimakamkan 4 Orang Ber-APD

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 16:18 WIB
Suasana pemakaman Rachmawati Soekarnoputri di samping makam ibunya, Fatmawati
Suasana pemakaman Rachmawati Soekarnoputri di samping makam ibunya, Fatmawati (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Jenazah putri Proklamator Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri, tiba di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus). Sejumlah pelayat sudah hadir sebelumnya di sekitar liang lahat.

Pantauan detikcom, Sabtu (3/7/2021), rombongan mobil pengantar jenazah dari RSPAD Gatot Soebroto tiba di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, pukul 15.16 WIB. Mobil jenazah langsung bergerak ke dekat lokasi liang lahat.

Empat petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap mengeluarkan peti jenazah dari dalam mobil. Peti jenazah masih ditutupi bendera Merah Putih.

Peti kemudian diangkat ke liang lahat sekitar 20 meter dari pintu masuk permakaman di Unit Islam AA I. Jenazah Rachmawati dikebumikan di samping makam ibunya, Fatmawati Soekarnoputri.

Keluarga Rachmawati terlihat mengikuti prosesi pemakaman lewat tenda kecil yang dibatasi mika. Para pelayat juga hanya bisa menyaksikan pemakaman dari balik pembatas tersebut.

Prosesi pemakaman diakhiri dengan doa bersama dipimpin pihak TPU Karet Bivak. Seusai doa, pihak keluarga melakukan tabur bunga ke makam Rachmawati Soekarnoputri.

Suasana pemakaman Rachmawati Soekarnoputri di samping makam ibunya, FatmawatiFoto: Suasana pemakaman Rachmawati Soekarnoputri di samping makam ibunya, Fatmawati (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

Rachmawati Dimakamkan di TPU Karet Bivak Sesuai dengan Wasiatnya

Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia setelah dirawat karena terpapar virus Corona (COVID-19). Jenazah dimakamkan di samping makam ibunya, Farmawati.

"Itu pesan dari almarhumah, wasiat," kata perwakilan keluarga, Nanda Persada, di RSPAD, Jakarta, siang tadi.

Nanda kemudian menjelaskan keadaan Rachmawati sebelum akhirnya meninggal dunia pagi tadi. Dia menyebut putri Presiden Sukarno ini memang terpapar virus Corona.

"Ada banyak penyakit berat, ya. Beliau kan sudah lama pakai kursi roda. Yang terakhir memang terkena COVID. Itu mungkin yang buat makin berat kondisinya," ujar Nanda.

Terkait kemungkinan saudara Rachmawati, seperti Megawati Soekarnoputri dan Guruh Sukarno Putra, menghadiri pemakaman, Nanda belum mengetahuinya. Dia menyebut pihak keluarga masih berkoordinasi.

"Masih koordinasi karena situasi pandemi gini kan. Semua tentu keluarga besar sangat sedih. Sudah dapat kabar, sudah komunikasi juga, nggak tahu apakah langsung ke makam, saya nggak tahu karena ada protokol COVID-19 ini," ujar Nanda.

Suasana pemakaman Rachmawati Soekarnoputri di samping makam ibunya, FatmawatiSuasana pemakaman Rachmawati Soekarnoputri di samping makam ibunya, Fatmawati (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

Simak Video: Usai Disalatkan, Jenazah Rachmawati Dibawa ke TPU Karet Bivak

[Gambas:Video 20detik]



(run/aud)