Round-Up

Doa dari Berbagai Kalangan Melepas Rachmawati Soekarnoputri

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 22:14 WIB
Putri Proklamator Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, meninggal dunia. Adik dari Megawati ini meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto.
Foto: Putri Proklamator Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, meninggal dunia (dok. detikcom)
Jakarta -

Putri dari Sang Proklamator Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat (Jakpus) hari ini. Adik dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri itu tutup usia saat sedang berjuang melawan virus COVID-19.

"Telah berpulang kepada Tuhan yang Mahakuasa, Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri. Tadi pagi pukul 06.20 WIB di RSPAD Gatot Soebroto," kata Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto atau yang akrab disapa Bambang Pacul, Sabtu (3/7/2021) pagi.

Wakil Kepala RSPAD Brigjen TNI dr A Budi Sulistya mengatakan Rachmawati masuk RSPAD dalam kondisi yang kurang baik. Saat itu, tim dokter memasang alat bantu oksigen bertekanan tinggi untuk memulihkan kesehatannya.

"Awalnya sudah menggunakan oksigen tekanan tinggi. Tentu tindakan medis disesuaikan dengan kondisinya," ucap Budi saat dihubungi detikcom.

Pihak keluarga lalu memakamkan jenazah Rachmawati di TPU Karet Bivak. Keluarga mengungkapkan hal itu merupakan wasiat Rachmawati. Dia ingin dikebumikan di samping makam sang ibu, Fatmawati.

"(Dimakamkan di samping Fatmawati-red) itu pesan dari almarhumah, wasiat," kata perwakilan keluarga, Nanda Persada, di RSPAD, Jakarta, siang tadi.

Pantauan detikcom di permakaman, rombongan mobil pengantar jenazah dari RSPAD Gatot Soebroto tiba di TPU Karet Bivak, Jakpus pada pukul 15.16 WIB. Mobil jenazah langsung bergerak ke dekat lokasi liang lahat.

Sejumlah pelayat sudah hadir sebelumnya di sekitar liang lahat. Empat petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap mengeluarkan peti jenazah dari dalam mobil.

Peti jenazah ditutupi bendera Merah Putih. Peti kemudian diangkat ke liang lahat sekitar 20 meter dari pintu masuk permakaman di Unit Islam AA I.

Keluarga Rachmawati terlihat mengikuti prosesi pemakaman lewat tenda kecil yang dibatasi mika. Para pelayat juga hanya bisa menyaksikan pemakaman dari balik pembatas tersebut.

Prosesi pemakaman diakhiri dengan doa bersama dipimpin pihak TPU Karet Bivak. Seusai doa, pihak keluarga melakukan tabur bunga ke makam Rachmawati Soekarnoputri.

Baca ungkapan dukacita dari Megawati dan berbagai kalangan atas wafatnya Rachmawati di halaman selanjutnya.



Simak Video "Ungkapan Dukacita atas Meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri"
[Gambas:Video 20detik]